Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/12/2021, 18:43 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Kucing menjadi hewan peliharaan populer karena tingkah lakunya yang lucu dan kadang terkesan aneh.

Contohnya saja seperti menggeretakkan gigi, membawa pulang kadal atau cicak sebagai hadiah untuk pemilik atau mengunyah ranting dan rumput.

Kebiasaan ini mungkin tampak aneh bagi manusia, namun tidak dengan kucing. Mereka menikmati kebiasaan-kebiasaan ini bahkan di antaranya menandakan kalau kucing sedang bahagia.

Melansir dari The Drake Center, Jumat (31,12/2021), berikut ini makna di balik 5 kebiasaan aneh kucing.

Baca juga: Mengenal Kebiasaan Tidur Kucing dan Area yang Disukainya

Gertakan gigi

Apakah kamu pernah mendapati kucingmu sedang menggeretakkan dan menggesekkan kedua giginya? Seringkali mereka melakukan ini sambil duduk di dekat jendela ataupun pintu.

Pengamat perilaku kucing mengatakan kalau kebiasaan ini mereka lakukan karena mereka frustasi tidak bisa keluar rumah untuk berburu.

Ini juga dapat berarti mereka sedang bersemangat atau kesal. Gerakan rahang yang aneh ini mungkin merupakan naluri alami kucing Anda yang memungkinkan otot mereka bersiap untuk tindakan membunuh mangsa.

Baca juga: 5 Tips Agar Kucing Berhenti Mencakar Sofa

Menggosokkan kepalanya

Ekor kucing adalah pusat keseimbangan tubuh kucing.Unsplash/Christin Hume Ekor kucing adalah pusat keseimbangan tubuh kucing.

Saat kucing menggosokkan kepalanya ke kaki atau tanganmu, ini dapat berarti ia sedang menyapamu dan menunjukkan kasih sayang.

Saat melakukan hal in, kucing mengeluarkan feromon yang akan menempel, ini adalah bentuk kucing menunjukkan teritorialnya. Hal ini juga terjadi saat kucing menggosokkan kepala di perabot rumah.

Baca juga: Simak, Begini Cara Tepat Menghilangkan Bau Kencing Kucing dari Selimut

Membawakanmu ‘hadiah’

Ada beberapa kebiasaan aneh kucing yang bagi kita cukup mengganggu. Kucing seringkali membawa pulang hasil buruannya ke rumah, seperti tikus, burung, kadal dan juga serangga.

Meskipun begitu, untuk kucing ini adalah caranya menunjukkan kasih sayangnya kepada mu. Dengan cara ini kucing berterimakasih karena kamu sudah merawatnya.

Baca juga: 6 Masalah Kesehatan yang Sering Menyerang Kucing Sphynx

Makan benda yang bukan makanannya

Apakah kucingmu seringkali mengunyah benda-benda yang bukan makanannya? Contohnya saja wol, tanaman dan plastik. Ini bisa menjadi tanda kondisi langka pada kucing yang disebut pica.

Seringkali penyebabnya tidak diketahui, namun beberapa penyebabnya termasuk kekurangan mineral, anemia, hipertiroidisme, genetika, kebosanan, dan stres.

Baca juga: 4 Penyebab Induk Kucing Menggeram pada Anaknya yang Baru Lahir

Buang air tidak di litter box

Ruangan akan menjadi kotor dan membuatmu frustasi ketika kucing buang air besar maupun kecil di luar litter boxnya.

Namun hal ini bisa menjadi pertanda adanya masalah perilaku maupun masalah kesehatan. Sebaiknya segera bawa kucing ke dokter hewan agar masalah ini segera teratasi. Beberapa masalah kesehatan yang mungkin sedang dialami oleh kucing:

Baca juga: Ketahui Jenis-jenis Vaksin yang Dibutuhkan Oleh Kucing

Masalah saluran kemih

  • Kolitis, sembelit dan penyakit di anal
  • Radang sendi atau kondisi lain seperti otot, syaraf dan persendian

Masalah perilaku

  • Stres (perubahan di lingkungan)
  • Lokasi litter box yang kurang pas dan kurang bersih
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com