Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Penyebab Induk Kucing Menggeram pada Anaknya yang Baru Lahir

Kompas.com - 24/12/2021, 21:17 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Nest

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika menjadi induk atau ibu, terkadang induk kucing melakukan banyak hal aneh, salah satunya menggeram atau mendesisi pada anak kucing yang baru lahir. 

Ketika melihat hal ini, banyak pemilik kucing yang bingung apa yang terjadi pada induk kucing tersebut.

Baca juga: Kucing Mengeong Saat Sendiri dan di Malam Hari? Ini Penyebabnya  

Melansir dari The Nest, Jumat (24/12/2021), ada beberapa penyebab induk kucing menggeram pada anak-anaknya yang baru lahir seperti berikut ini.

Merasa lelah 

Dalam fase menjadi induk kucing yang baru, induk kucing bekerja sepanjang waktu merawat semua anaknya, memberikan makan, hingga membersihkan kotoran yang berada di tubuhnya.

Saat induk kucing membuka mulutnya dan mendesis, induk kucing mencoba memberi tahu sang anak bahwa dia merasa lelah. Sebetulnya, ini adalah perilaku normal ketika kucing baru menjadi induk. 

Baca juga: Gejala, Penyebab, dan Jenis Penyakit Gigi yang Menyerang Kucing 

Waktu penyapihan

Ilustrasi induk kucing dan anak kucing. PEXELS/EVG CULTURE Ilustrasi induk kucing dan anak kucing.
Seiring waktu, semua anak kucing akan tumbuh menjadi kucing dewasa yang besar. Hal ini pun membuat anak kucing merasa sudah waktunya menjauh dari induknya.

Anak kucing ingin memperluas wawasannya dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk dirinya sendiri. Anak kucing akan mendesis dan menggeram pada sang induk sehingga dia bisa mendapatkan waktu tenang.

Sang induk kucing pun mendesi dan menggeram balik induk. Hal ini mengartikan sudah waktunya menyapih anak-anaknya, biasanya sekitar enam minggu.  

Baca juga: Kucing dengan 3 Warna Bulu Pasti Betina, Bernarkah? 

Perlu mencari makanan 

Desisan atau geraman induk kucing kepada anaknya juga dilakukan saat mereka hendak pergi dari sarangnya untuk mencari makanan. Induk kucing akan berbalik dan mendesis pada setiap anak kucing yang mencoba mengikutinya. 

Waktunya anak kucing mandiri

Sama dengan manusia, kucing juga memiliki batas dalam menyusui. Ketika sudah waktunya, induk kucing akan memberikan sinyal kepada anak-anaknya agar tidak menempel lagi kepadanya melalui desisan atau geram. 

Bisa jadi desisan atau geraman induk kucing tersebut sebagai tanda jika sudah waktunya anak kucing lebih mandiri. 

Baca juga: 5 Alasan Kucing Suka Mengikuti Pemiliknya ke Kamar Mandi

Namun, ketika menemukan kucing peliharaan menggeram atau mendesis secara berlebihan kepada anak kucing, disarankan menemui dokter hewan untuk mengetahui lebih jelas apa yang sedang terjadi kepada induk kucing. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com