Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali, Ini Penyebab dan Tanda Kecemasan pada Kucing

Kompas.com - 18/12/2021, 16:18 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa kucing terkenal tidak terlalu menunjukkan apa yang dirasakannya secara fisik.

Hal inilah yang terkadang membuat pemiliknya sulit mengetahui seperti apa kesehatan emosi dan mental kucing peliharannya. 

Baca juga: Trik Mencegah Kucing Peliharaan Membawa Bangkai Hasil Buruan ke Rumah

Saat kucing menggigit, bisa saja perilaku itu mengindikasikan bahwa sahabat bulu sedang merasa cemas atau meminta agar pemilik menghentikan apa yang mereka lakukan.

Terkait kecemasan, Daily Paws, Sabtu (18/12/2021), melaporkan bahwa kucing bisa merasakannya. Namun, penyebab kecemasan pada kucing cukup beragam.

Mulai dari, perubahan lingkungan, pemilik yang pergi seharian atau terlalu sering di dalam rumah, hingga perjalanan menuju klinik dokter hewan.

Baca juga: Catat, Ini 8 Lokasi Terbaik Meletakkan Kotak Pasir Kucing di Rumah

Apa itu kecemasan?

Ilustrasi kucing - Ilustrasi kucing yang merasa cemas.SHUTTERSTOCK / Yaya Photos Ilustrasi kucing - Ilustrasi kucing yang merasa cemas.

Sebelum menilik lebih jauh, perlu diketahui bahwa kecemasan tidak hanya dirasakan manusia, tapi juga hewan. 

Haylee Bergeland, Founder dan Executive Director di Animal Assistant Professional sekaligus anggota Daily Paws Advisory Board, mengatakan, sering terjadi kesalahpahaman tentang kecemasan pada hewan dan manusia.

Adapun, menurut Bergeland, faktor salah paham terkait kecemasan ini mengacu pada apa yang sebenarnya sedang terjadi.

Kecemasan adalah ketakutan atau antisipasi yang diasosiasikan dengan ancaman yang dirasakan. Kecemasan adalah kegelisahan, kekhawatiran—seluruh perasaan tentang apa yang bisa terjadi,” jelas Bergeland.

Baca juga: 6 Tips Aman Mengajak Kucing Berjalan-jalan dengan Mobil

Sebagai contoh, kucing atau anjing yang merasa cemas dengan perpisahan, akan merasakan emosi yang buruk saat menangkap sinyal yang menunjukkan bahwa pemiliknya akan pergi.

Bisa juga kucing cemas saat melihat kandang mereka dikeluarkan dari lemari. Dalam hal ini, kandang itu merupakan ancaman yang dirasakan.

“Bisa berarti mereka akan ditempatkan di sana atau dibawa ke dokter hewan, salon hewan, atau kemana pun,” kata Bergeland. 

Namun, kucing tidak tahu akan dibawa ke mana, kapan, dan bagaimana. Inilah yang membuat ketakutan berubah menjadi kecemasan.

Baca juga: 3 Pertolongan Pertama saat Kucing Terluka hingga Kesulitan Bernapas

Penyebab kecemasan pada kucing

Menghilangkan baunya adalah cara mengusir kucing yang cukup efektif membuat kucing mencari area bernaung lain.Unsplash/Sarah Ball Menghilangkan baunya adalah cara mengusir kucing yang cukup efektif membuat kucing mencari area bernaung lain.

Halaman:
Sumber Daily Paws
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com