Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/12/2021, 20:20 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing mengeong untuk menandakan jika merasakan atau ingin menyampaikan sesuatu pada pemilik atau pun kucing lainnya. Terlebih, ketika kucing berada di dalam rumah, kemungkinan mereka menyampaikan ingin ke luar rumah, lapar, dan sebagainya.

Melansir dari Cuteness, Minggu (19/12/2021), untuk memahami itu, pertama-tama Anda harus memahami mengapa kucing mengeong

Nicholas Nicastro, seorang mahasiswa pascasarjana yang melakukan studi komunikasi hewan di Cornell University, mengatakan bahwa meskipun kucing tidak memiliki bahasa, mereka menjadi sangat terampil dalam mengatur manusia untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Baca juga: Kucing dengan 3 Warna Bulu Pasti Betina, Bernarkah?

Ilustrasi kucing - Kucing jenis Tonkinese.SHUTTERSTOCK / lovemydesigns Ilustrasi kucing - Kucing jenis Tonkinese.

Pada dasarnya makanan, tempat tinggal dan sedikit kasih sayang manusia.

Jadi, lain kali Anda mengira kucing mencoba memberi tahu sesuatu, jangan abaikan karena mungkin ia ingin menyampaikan sesuatu. Dari nada hingga panjang suara meongnya, semuanya memiliki arti yang berbeda.

Suzanne Hetts, ahli perilaku hewan terapan bersertifikat mengatakan kepada The Humane Society bahwa kucing lebih banyak menggunakan vokalisasi untuk berkomunikasi dengan manusia daripada dengan kucing lain.

Sebagian besar komunikasi mereka dengan kucing lain dirancang untuk menghindari satu sama lain.

Baca juga: 5 Alasan Kucing Suka Mengikuti Pemiliknya ke Kamar Mandi

John Bradshaw, anthrozoologist dan penulis University of Bristol, mengamati sekelompok kucing liar dan melacak berapa kali mereka mengeong.

Apa yang dia temukan menegaskan teori Hetts bahwa mengeong adalah perilaku yang dipelajari yang dilakukan kucing terutama untuk manusia.  

Halaman:
Sumber Cuteness
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com