Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Tinggal di Apartemen? Ketahui Dulu 8 Aturan Ini

Kompas.com - 19/06/2022, 10:54 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Money

JAKARTA, KOMPAS.com - Tinggal di apartemen menjadi pilihan populer yang banyak dipilih orang saat ini, terlebih masyarakat urban atau perkotaan. 

Hal ini lantaran harga beli sebuah rumah yang terus meningkat dan lahan yang semakin terbatas. Ditambah, kebanyakan apartemen memiliki lahan yang sedikit sehingga bisa menghindari perawatan yang mahal pada rumah umumnya. 

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Pindah ke Apartemen

Namun, berbeda dengan tinggal di rumah, tinggal di apartemen berarti Anda harus berbagi gedung yang sama dengan penghuni lainnya. 

Selain itu, tinggal di apartemen sering kali memiliki lebih banyak aturan dan rumit. Hampir semua pengelola properti apartemen menggunakan aturan sewa yang sama.

Namun, dengan menati semua aturan tersebut, akan membuat Anda dan penghuni lain tetap aman serta nyaman.

Dilansir dari Money, Minggu (19/6/2022), berikut beberapa aturan yang perlu diketahui sebelum tinggal di apartemen.  

Baca juga: 4 Item Fungsional yang Dibutuhkan untuk Mendekorasi Apartemen 

Kebijakan hewan peliharaan

Ilustrasi anjing duduk di sofa. PEXELS/DOMINIC BUCCILLI Ilustrasi anjing duduk di sofa.
Jika memiliki teman berkaki empat atau berkeinginan memilikinya pada masa depan, lihat apakah aturan sewa apartemen mencakup tentang hewan peliharaan.

Beberapa pengelola tidak mengizinkan anjing, sementara yang lain mengizinkan anjing hingga batas berat tertentu. Anda mungkin perlu membayar deposit lebih tinggi atau biaya terkait bila ingin mempunyai hewan peliharaan. 

Baca juga: Pertimbangkan 8 Hal Ini Sebelum Membeli Apartemen

 

Berbagi sewa 

Lynnette Bruno, Wakil Presiden Komunikasi di Trulia—pasar real estate online Amerika Serikat—(AS) ada beberapa penyewa yang menyewakan apartemen kepada orang lain atau pelancong.

Masalah ini semakin muncul karena situs berbagi rumah seperti AirBnB, HomeAway, dan VBRO menjadi lebih populer. Tentu saja, ini tidak boleh dilakukan.

Bruno mengatakan hal ini tidak hanya melanggar aturan sewa, tetapi bahkan melanggar hukum di apartemen tertentu. 

Baca juga: Menyewa Rumah atau Apartemen, Mana yang Lebih Baik?

Uang jaminan 

Ilustrasi apartemen.UNSPLASH / Pierre Châtel-Innocenti Ilustrasi apartemen.
Pastikan Anda mengetahui jumlah uang jaminan atau deposit yang dibuat apartemen. Biasanya uang jaminan sebesar satu bulan uang sewa apartemen. tetapi dalam beberapa kasus, bisa lebih tinggi.

Pengelola apartemen harus menjelaskan kapan Anda akan mendapatkan uang itu kembali setelah pindah dan keadaan spesifik apa yang dapat menyebabkan uang jaminan ditahan.

“Ketika pindah, Anda harus benar-benar pindah, membuang sampah dan tidak meninggalkan banyak barang, atau Anda tidak akan mendapatkan kembali deposit,” Bruno memperingatkan. 

Baca juga: Ingin Memelihara Kucing di Apartemen? Perhatikan 4 Hal Ini

Perpanjangan sewa 

Sebagian besar sewa apartemen berlaku untuk satu tahun. Pastikan Anda tahu apa yang terjadi setelah itu. Apakah kontrak beralih ke bulan ke bulan dan apakah itu akan disertai dengan kenaikan sewa? Apa pilihan jika Anda ingin memperbarui sewa pada akhir masa sewa. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com