Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aturan Feng Shui untuk Membuat Rumah Lebih Sehat dan Tenang

Kompas.com - 19/06/2022, 08:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengaplikasikan aturan feng shui ke dalam ruangan tak hanya memperoleh energi positif, tetapi juga diklaim dapat meningkatkan kesehatan pemilik rumahnya. 

Memang benar bahwa mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga teratur adalah kunci memperoleh kesehatan. Namun, memiliki rumah yang harmonis juga bisa membantu Anda merasa lebih baik dan menjaga kesehatan, terutama kesehatan mental. 

Dilansir dari Decor Tips, Minggu (19/6/2022), berikut beberapa tips feng shui yang dapat membuat rumah lebih sehat, tenang, serta memiliki lebih banyak energi dan keseimbangan. 

Baca juga: Feng Shui Larang Rak Sepatu Diletakkan di Kamar Tidur, Ini Alasannya 

Segarkan udara di rumah setiap hari

Ilustrasi ruang tamu dengan desain minimalisUnsplash/Rune Haugseng Ilustrasi ruang tamu dengan desain minimalis
Udara di dalam rumah yang buruk dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, dan tidak bisa fokus. Solusi sesederhana adalah membuka jendela di dalam ruangan.

Menyegarkan udara di rumah sangat penting. Meski ini dapat dilakukan kapan saja, menyegarkan udara terbaik adalah pada pagi hari.

Menjaga jendela terbuka selama 10 menit akan menjernihkan udara. Cara lain menyegarkan sudut ruangan adalah melalui tanaman

Baca juga: 4 Cara Meningkatkan Kualitas Udara di Dalam Ruangan 

Tingkatkan kesehatan dan kebersihan 

Salah satu pilar feng shui adalah menemukan keseimbangan menggunakan ketertiban dan kebersihan. Rumah yang berantakan sulit menjaga kesehatan mental dalam kondisi baik.

Sebab, kekacauan menyebabkan kelelahan dan kegugupan. Sistem imunologi tubuh mungkin gagal menahannya. Ini adalah respons khas terhadap stres.

Cobalah menjaga rumah tetap rapi dan buatlah rutinitas pembersihan yang membantu  menjaga rumah tetap tertata. 

Baca juga: 10 Tips Feng Shui Kamar Tidur Sempit untuk Datangkan Energi Positif 

Biarkan cahaya alami masuk 

Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi jendela. Shutterstock/Antoha713 Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi jendela.
Sinar matahari sangat penting menjaga kesehatan serta merupakan sumber vitamin D yang baik, energi positif, dan Chi atau energi positif dalam feng shui.

Kurangnya cahaya alami dapat mempengaruhi suasana hati. Jika memungkinkan, sediakan ruang yang terang di rumah. Jika ruangan gelap, hindari warna gelap atau tirai tebal.

Buka jendela dan tirai atau gunakan lampu untuk mendapatkan efek yang mirip dengan cahaya alami. 

Singkirkan barang-barang yang membuat tidak nyaman 

Jika memiliki barang-barang di rumah yang tidak membuat Anda merasa nyaman saat melihatnya, singkirkan saja. Percaya atau tidak, barang-barang ini dapat merusak kesejahteraan Anda. 

Baca juga: 5 Cara Menghadirkan Feng Shui Baik di Teras Rumah 

Beristirahat untuk meningkatkan kesehatan

Istirahat yang cukup penting untuk menjaga tingkat energi tetap tinggi. Namun, terkadang kamar tidur tidak membantu Anda memperoleh tidur nyenyak. 

Untuk itu, sangat penting menciptakan tempat yang tenang dan nyaman dengan warna-warna lembut, tidak terlalu banyak barang, dan hindari penggunaan teknologi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com