Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Denah Rumah yang Dapat Memberikan Kenyamanan Menurut Feng Shui

Kompas.com - 14/06/2022, 13:32 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui merupakan filosofi kuno asal Tiongkok yang digunakan untuk membantu membuat rumah memiliki energi positif di dalamnya melalui warna, desain, hingga layout

Jika sedang mencari rumah baru, menyewa atau membeli, apartemen atau rumah, bahkan menata rumah yang sudah ada, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memperoleh energi positif.

Dilansir dari The Spruce, Selasa (14/6/2022), berikut beberapa tips denah rumah yang dapat memberi kenyamanan menurut feng shui

Baca juga: 6 Warna Cat yang Cocok Diterapkan di Dapur Menurut Feng Shui 

Pintu masuk

Ilustrasi teras rumah, ilustasi area pintu masuk rumah.SHUTTERSTOCK / David Papazian Ilustrasi teras rumah, ilustasi area pintu masuk rumah.
Dalam feng shui, pintu masuk rumah adalah wajah Anda yang akan ditunjukkan pada dunia. Pikirkan saat pertama kali seseorang mendekati rumah Anda.

Apakah mudah menemukan pintu depan? Apakah bel pintu berfungsi? Apakah area pintu masuk bersih dan terang? Ini adalah faktor kunci untuk feng shui rumah Anda.

Sebaiknya, ada jalur yang mudah diikuti dari jalan ke pintu depan. Pintu depan dan serambi masuk yang terbuka serta luas dapat menarik peluang terbaik sekaligus memiliki tempat untuk berkumpul dan mengumpulkan.  

Baca juga: Tanaman Terbaik Dalam Ruangan Menurut Feng Shui dan Cara Meletakkannya

Selain itu, area pintu masuk harus memiliki cukup cahaya sehingga mengganti bohlam yang lebih terang dapat membantu memberi penerangan. 

Hindari rumah dengan pintu lain atau jendela besar tepat di seberang pintu depan. Hal ini bisa membuat Qi (energi kekuatan kehidupan) langsung keluar dari rumah. 

Baca juga: 10 Buah yang Membawa Keberuntungan Menurut Feng Shui 

Penempatan kamar untuk feng shui yang baik

Ilustrasi kamar tidur modern chic. Shutterstock/2M media Ilustrasi kamar tidur modern chic.
Idealnya, Anda harus memiliki area umum rumah di dekat bagian depan dengan kamar pribadi di dekat bagian belakang. Posisi terbaik untuk dapur, ruang tamu, dan ruang kerja berada di dekat pintu depan.

Karena di sinilah keluarga menghabiskan waktu bersama serta menyambut tamu dan pengunjung sehingga masuk akal jika lebih dekat ke pintu depan. 

Area pribadi seperti kamar tidur lebih baik ditempatkan di bagian belakang rumah. Secara tradisional, anggota tertua dari keluarga (seperti kakek-nenek) tinggal lebih jauh ke belakang.

Semakin jauh ke belakang, semakin banyak keamanan, kekuatan, dan pengaruh yang Anda miliki. 

Baca juga: 6 Ide Ruang Penyimpanan Terbaik untuk Kamar Tidur Bayi

Posisi komando

Menurut feng shui, tempat tidur, meja, dan kompor adalah tiga lokasi paling berpengaruh di rumah. Tempat tidur mewakili Anda, meja adalah karer Anda, dan kompor adalah kekayaan dan bagaimana Anda memelihara diri sendiri.

Jadi, Anda harus memiliki denah tempat tidur, meja, dan kompor yang berada dalam posisi memerintah atau komando.

Posisi memerintah adalah ketika Anda dapat melihat ke arah pintu, tetapi tidak langsung sejajar dengan pintu. Denah rumah feng shui yang baik mengakomodasi posisi memerintah untuk tempat tidur, meja, dan kompor di rumah. 

Baca juga: Feng Shui Larang Kompor Berhadapan dengan Pintu, Ini Dampaknya 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com