Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Mendesain Kamar Mandi Apartemen Studio

Kompas.com - 08/04/2022, 13:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendesain atau membuat kamar mandi kecil seperti di apartemen tipe studio terlihat lebih besar tentu merupakan hal rumit. 

Belum lagi, harus menjaga dan membuat setiap sudut kamar mandi tampak menarik, praktis, juga fungsional. 

Baca juga: 4 Trik Membuat Kamar Mandi Serba Putih Tidak Membosankan

Ide mendesain kamar mandi kecil selalu membutuhkan kompromi – sering kali dengan bak mandi menjadi korban pertama dalam perebutan ruang. Masalah lain adalah kurangnya ruang penyimpanan di kamar mandi kecil. 

Untuk membantu Anda, beberapa ahli membagikan ide mendesain kamar mandi apartemen studio agar tampak cantik dikutip dari Homes & Gardens, Jumat (8/4/2022). 

Baca juga: Jangan Salah Pilih, 6 Warna Cat Terbaik dan Terburuk untuk Kamar Mandi 

Berinvestasi dalam material mewah 

Ilustrasi kamar mandi dengan dinding dan lantai batu alam atau marmer. Shutterstock/onzon Ilustrasi kamar mandi dengan dinding dan lantai batu alam atau marmer.
Jennifer Ebert, Editor Digital Homes & Gardens, mengatakan kamar mandi apartemen sering kali dapat dikompromikan dalam hal ruang.

Jadi, desain cerdas dan sentuhan akhir yang mewah adalah hal terpenting. Misalnya, menggunakan semua ubin marmer untuk memberikan nuansa seperti di spa hotel meski ukurannya kecil. 

"Ada beberapa bahan yang bisa menciptakan perasaan kemewahan dalam desain kamar mandi modern yang bisa dibuat oleh marmer. Elegan, bersahaja, dan sangat indah, marmer dapat digunakan untuk efek luar biasa di kamar mandi apartemen mewah, tidak peduli ukuran atau gayanya."

Baca juga: 5 Cara Mudah Mengubah Tampilan Kamar Mandi Lama Menjadi Baru Kembali 

Jangan abaikan jendela

Sam Tamlyn, manajer umum di Shutterly Fabulous, toko interior di Ingris, mengatakan ide perawatan jendela kamar mandi sering kali sulit dikerjakan, terutama di apartemen studio, Karena itu, banyak dari kita cenderung membiarkannya kosong. 

"Saat mempertimbangkan bagaimana menata jendela kamar mandi, faktor-faktor seperti privasi dan ventilasi juga penting, begitu juga gaya dan warna," ucapnya.  

Baca juga: 10 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membersihkan Kamar Mandi

Tetap ringan dan terang

Ilustrasi kamar mandiUnsplash/Point3D Commercial Imaging Ltd. Ilustrasi kamar mandi
Ide kamar mandi putih masih menjadi pilihan terlaris di pasar kamar mandi dan tidak dapat disangkal bahwa memilih skema putih membuat kamar mandi apartemen terlihat lebih luas.

"Bekerja dengan palet putih yang dominan segar membantu kamar mandi lebih kompak terasa luas," kata Clara Ewart, desainer senior di Kitesgrove.

Dengan menggabungkan bahan-bahan alami seperti marmer, skema keseluruhan tetap ringan dan cerah, sementara urat batu membantu menciptakan kontras serta karakter.

Untuk memaksimalkan ide penyimpanan di kamar mandi apartemen studio, kami menggabungkan rak khusus di dalam shower serta merancang meja rias untuk menyertakan laci bawah wastafel yang halus.  

Baca juga: Bisa Berbahaya, Jangan Bawa Masuk Handphone ke Dalam Kamar Mandi 

Pilih skema warna dramatis

Ilustrasi kamar mandiUnsplash/SCREEN POST Ilustrasi kamar mandi
Warna cat kamar mandi adalah alat desain yang luar biasa dan dapat membuat kamar mandi kecil terasa lebih besar.

"Terkadang ruang terkecil di rumah memungkinkan Anda menjadi paling kreatif; memiliki lebih sedikit ruang untuk bermain membuatnya lebih mudah untuk membuat pernyataan yang benar-benar dramatis," imbuh Sue Jones, salah satu pendiri dan Direktur Kreatif OKA, toko furnitur di Inggris. 

Di kamar mandi kecil, kontras dinding gelap dengan bak putih cerah, karpet kamar mandi, dan aksesori adalah semua yang dibutuhkan.  

Baca juga: 3 Tanaman Hias yang Bisa Netralkan Energi Negatif di Kamar Mandi

Pilih wallpaper vibrant 

Menurut Penny Morrison, desainer interior di Penny Morrison, ide wallpaper kamar mandai bekerja sangat baik di kamar mandi apartemen, baik berukuran besar maupun kecil.

Kamar mandi besar yang terang dapat mengambil pola menyenangkan yang lebih cerah dengan cetakan besar. 

"Kamar mandi kecil atau gelap paling baik menggunakan wallpaper gelap dan murung. Wallpaper dapat memiliki pernis bening yang diletakkan di atas kertas untuk melindunginya dari air." 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com