Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi dan Cara Kerja Cooker Hood di Dapur, Perlukah Memilikinya?

Kompas.com - 08/06/2022, 21:03 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beberapa jenis makanan yang dapat membuat dapur dan seisi rumah menjadi berbau ketika memasaknya seperti ikan kembung dan kentang goreng. 

Selain mengganggu, bau atau asap masakan ini bisa menempel pada sejumlah benda dan permukaan di rumah.  

Baca juga: 5 Ide Desain untuk Membuat Dapur Lebih Luas

Memiliki ventilasi yang cukup di dapur dapat mengatasi masalah tersebut. Namun, menghadirkan lubang ventilasi, jendela, bahkan pintu tambahan memerlukan banyak biaya.

Sebagai alternatif mudah dan terjangkau adalah menggunakan cooker hood atau penyedot asap dapur.

Fungsi cooker hood di dapur

Ilustrasi cooker hoodPEXELS.COM/MAX VAKHTBOVYCH Ilustrasi cooker hood
Saat sedang memasak, bahan-bahan makanan yang diolah akan mengeluarkan air, uap, dan asap, terlebih saat memasak steak.

Selain asap dan uap air, minyak goreng yang digunakan untuk memasak juga bisa mengeluarkan minyak ke udara, lalu menyebar ke berbagai permukaan dan membuat dapur bau untuk waktu cukup lama.

Baca juga: Catat, Ini 6 Kesalahan Merenovasi Dapur yang Harus Dihindari

Uap air dan asap tersebut bisa membuat permukaan rusak dan membusuk, khususnya permukaan kayu, serta membuat kerusakan pada dapur.

Kehadiran cooker hood dapat mencegah hal tersebut terjadi. Dikutip dari Chef’s Pick, Rabu (7/6/2022), cooker hood berfungsi menghilangkan uap, asap, dan bau dari dapur sehingga membersihkan udara selama memasak.

Selain itu, cooker hood yang umumnya dipasang di atas kompor dapat membantu menjaga udara di dapur tetap bersih serta mencegah kerusakan akibat kelembapan berlebih. 

Baca juga: 4 Tips Menciptakan Dapur Minimalis yang Bebas Berantakan

Cara cooker hood bekerja

Cooker hood biasanya datang dalam dua variasi utama, yakni cooker hood yang berfungsi sebagai alat ekstraksi dan resirkulasi. Untuk jenisnya, mereka dapat disesuaikan tergantung pada kondisi dapur. 

Cooker hood ekstraksi bertugas menghilangkan semua bau, gas, dan hal serupa dari dapur ke luar. Untuk berfungsi maksimal, cooker hood perlu dipasangkan dengan lubang yang tepat pada dinding dapur.

Cooker hood ekstraksi dianggap paling mudah dirawat, tetapi cukup sulit dipasang. 

Baca juga: 7 Ide Menghidupkan Tampilan Dapur Putih agar Tidak Monoton

Sementara itu, cooker hood resirkulasi bertugas menyedot udara dari dapur melalui filter, membersihkannya, dan mendorongnya kembali ke dapur.

Pemasangannya tidak membutuhkan lubang pada dinding, tetapi perawatannya cukup sulit. Cooker hood resirkulasi dapat menyaring asap dari masakan, tetapi tidak memiliki kapasitas untuk menyaring uap.

Baca juga: 5 Hiasan untuk Membuat Dapur Semakin Minimalis dan Elegan

Apakah cooker hood wajib ada di dapur?

Ilustrasi cooker hood. SHUTTERSTOCK/PAUL VINTEN Ilustrasi cooker hood.
Memiliki cooker hood di dapur tentunya bergantung pada setiap individu dan kondisi dapur. Ada beberapa orang menganggap alat ini tidak terlalu dibutuhkan di dapur.

Namun, apabila terganggu denga bau masakan dan ingin menghilangkannya dengan cepat,  cooker hood wajib dimiliki. 

Apabila dapur memiliki sistem ventilasi yang memadai, dapur tidak perlu memiliki cooker hood karena asap dan bau masakan dapat dengan mudah keluar dari rumah.

Baca juga: 9 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Mendesain Dapur Outdoor

Terlepas dari situasi dapur dan rumah secara keseluruhan, menghadirkan cooker hood merupakan cara efektif menghilangkan bau di dapur.

Tidak hanya itu, cooker hood bisa menjadi titik fokus pada dapur lantaran saat ini sudah banyak jenis cooker hood yang modern sehingga mampu menambahkan nilai estetika pada dapur. Beberapa cooker hood juga sudah dilengkapi dengan lampu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com