Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fungsi dan Cara Kerja Cooker Hood di Dapur, Perlukah Memilikinya?

Selain mengganggu, bau atau asap masakan ini bisa menempel pada sejumlah benda dan permukaan di rumah.  

Memiliki ventilasi yang cukup di dapur dapat mengatasi masalah tersebut. Namun, menghadirkan lubang ventilasi, jendela, bahkan pintu tambahan memerlukan banyak biaya.

Sebagai alternatif mudah dan terjangkau adalah menggunakan cooker hood atau penyedot asap dapur.

Selain asap dan uap air, minyak goreng yang digunakan untuk memasak juga bisa mengeluarkan minyak ke udara, lalu menyebar ke berbagai permukaan dan membuat dapur bau untuk waktu cukup lama.

Uap air dan asap tersebut bisa membuat permukaan rusak dan membusuk, khususnya permukaan kayu, serta membuat kerusakan pada dapur.

Kehadiran cooker hood dapat mencegah hal tersebut terjadi. Dikutip dari Chef’s Pick, Rabu (7/6/2022), cooker hood berfungsi menghilangkan uap, asap, dan bau dari dapur sehingga membersihkan udara selama memasak.

Selain itu, cooker hood yang umumnya dipasang di atas kompor dapat membantu menjaga udara di dapur tetap bersih serta mencegah kerusakan akibat kelembapan berlebih. 

Cara cooker hood bekerja

Cooker hood biasanya datang dalam dua variasi utama, yakni cooker hood yang berfungsi sebagai alat ekstraksi dan resirkulasi. Untuk jenisnya, mereka dapat disesuaikan tergantung pada kondisi dapur. 

Cooker hood ekstraksi bertugas menghilangkan semua bau, gas, dan hal serupa dari dapur ke luar. Untuk berfungsi maksimal, cooker hood perlu dipasangkan dengan lubang yang tepat pada dinding dapur.

Cooker hood ekstraksi dianggap paling mudah dirawat, tetapi cukup sulit dipasang. 

Sementara itu, cooker hood resirkulasi bertugas menyedot udara dari dapur melalui filter, membersihkannya, dan mendorongnya kembali ke dapur.

Pemasangannya tidak membutuhkan lubang pada dinding, tetapi perawatannya cukup sulit. Cooker hood resirkulasi dapat menyaring asap dari masakan, tetapi tidak memiliki kapasitas untuk menyaring uap.

Namun, apabila terganggu denga bau masakan dan ingin menghilangkannya dengan cepat,  cooker hood wajib dimiliki. 

Apabila dapur memiliki sistem ventilasi yang memadai, dapur tidak perlu memiliki cooker hood karena asap dan bau masakan dapat dengan mudah keluar dari rumah.

Terlepas dari situasi dapur dan rumah secara keseluruhan, menghadirkan cooker hood merupakan cara efektif menghilangkan bau di dapur.

Tidak hanya itu, cooker hood bisa menjadi titik fokus pada dapur lantaran saat ini sudah banyak jenis cooker hood yang modern sehingga mampu menambahkan nilai estetika pada dapur. Beberapa cooker hood juga sudah dilengkapi dengan lampu.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/08/210300876/fungsi-dan-cara-kerja-cooker-hood-di-dapur-perlukah-memilikinya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke