Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/05/2022, 10:37 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirkulasi udara di rumah merupakan aspek integral dari kesehatan dan kebugaran Anda secara keseluruhan.

Selain mengoptimalkan distribusi suhu panas dan dingin, sirkulasi udara juga berdampak pada kualitas udara, kontrol kelembapan, serta menghilangkan jamur dan alergen.

Baca juga: 4 Cara Meningkatkan Sirkulasi Udara di Rumah 

Meski memberikan banyak manfaat, banyak pemilik rumah yang masih mengabaikan sirkulasi udara di rumah. 

Dikutip dari My Decorative, Jumat (20/5/2022), berikut lima tips meningkatkan sirkulasi udara di rumah untuk menjaga kesehatan dan mengurangi energi. 

 

Berinvestasi dalam pemeliharaan HVAC

Ilustrasi AC atau pendingin udaraShutterstock/Andrey_Popov Ilustrasi AC atau pendingin udara
Banyak pemilik rumah mengambil sikap reaktif terhadap pemeliharaan HVAC daripada sikap proaktif. Padahal, pemeliharaan HVAC atau AC dapat meningkatkan sirkulasi udara, kualitas udara, dan memperpanjang umur AC. 

Memastikan sirkulasi udara yang tepat dimulai dengan pemasangan. Menurut ahli instalasi AC Dallas TX, memilih ukuran AC yang tepat dapat membantu meningkatkan sirkulasi udara dan kualitas udara. 

Baca juga: Cara Meningkatkan Sirkulasi Udara di Kamar Tidur yang Pengap

Sistem yang terlalu besar akan menghasilkan titik panas atau dingin, sementara sistem yang terlalu kecil tidak akan cukup untuk keseimbangan di seluruh rumah.

Menjadwalkan pemeliharaan HVAC musiman untuk AC bisa meningkatkan sirkulasi udara di rumah. Selama kunjungan pemeliharaan, ahli HVAC akan membersihkan filter AC, menghilangkan debu dan kotoran dari blower, dan memastikan semuanya berfungsi dengan baik. 

Baca juga: 5 Pilihan Exhaust Fan untuk Melancarkan Sirkulasi Udara di Rumah 

Bersihkan ventilasi dan saluran udara 

Ilustrasi AC atau pendingin ruangan, pemeliharaan AC. SHUTTERSTOCK/M2020 Ilustrasi AC atau pendingin ruangan, pemeliharaan AC.
Meluangkan waktu membersihkan ventilasi dan saluran udara adalah tips meningkatkan sirkulasi udara dan kualitas udara di rumah.

Jadwalkan waktu setidaknya sebulan sekali untuk menyedot penutup ventilasi dan bagian ventilasi yang terlihat. Pertimbangkan menyewa layanan profesional untuk membersihkan ventilasi setiap setahun sekali. 

Baca juga: 6 Penyebab Polusi Udara Terjadi di Dalam Rumah

Membuka jendela 

Aspek yang disayangkan dari mengandalkan AC adalah bahwa jendela harus tetap tertutup, terlebih selama periode hari yang lebih panas.

Padahal, penting memanfaatkan hari-hari beriklim sedang untuk mendapatkan angin sepoi-sepoi. Karena itu, manfaatkan hari-hari cerah untuk membuka jendela dan menghilangkan udara pengap.

Jika kelembapan tidak menjadi masalah pada malam hari, matikan AC dan biarkan jendela terbuka pada malam hari selama musim panas.

Begitu pun, selama bulan-bulan musim dingin, manfaatkan hari-hari yang lebih hangat dan buka jendela selama 10-15 menit dengan mematikan AC.

Ini akan memberikan embusan udara segar dengan cepat tanpa benar-benar mengurangi kehangatan di rumah.  

Baca juga: 3 Tips Memilih Posisi Jendela Rumah untuk Sirkulasi Udara yang Baik 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com