Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Meningkatkan Sirkulasi Udara di Kamar Tidur yang Pengap

Kompas.com - 17/03/2022, 07:45 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika Anda merasa pengap dan sulit untuk tidur di malam hari, itu mengartikan jika sirkulasi udara dalam kamar tidur buruk.

Sirkulasi udara yang buruk ini dapat menurunkan kualitas tidur dan membuat Anda tidak nyaman.

Dilansir dari Hunker, Kamis (17/3/2022), sebenarnya banyak cara sederhana untuk membantu memperbaiki lingkungan tidur sehingga kamar tidur Anda bisa terasa santai dan membantu Anda mendapatkan istirahat yang dibutuhkan. Simak ulasannya berikut ini. 

Baca juga: 4 Tips Menjaga Kualitas Udara Dalam Ruangan Saat Cuaca Panas

1. Gunakan kipas angin gantung  

Bersihkan kipas angin gantung secara rutin agar aliran udara di dalam rumah selalu bersih.Unsplash/Helen Shi Bersihkan kipas angin gantung secara rutin agar aliran udara di dalam rumah selalu bersih.

Jika kamar tidur Anda sudah memiliki kipas angin gantung atau kipas angin langit-langit, Anda memiliki alat yang mudah untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

Pilih arah kipas angin gantung yang benar berdasarkan musim untuk membantu Anda merasa lebih sejuk atau lebih hangat saat berada di kamar tidur.

Menggunakan kipas angin gantung di musim hujan membutuhkan rotasi searah jarum jam untuk mendorong udara hangat turun dari langit-langit, sementara gerakan berlawanan arah jarum jam di musim panas membantu Anda tetap sejuk.

2. Gunakan dua kipas angin 

Satu kipas angin berdiri menggerakkan udara di sekitar kamar tidur, tetapi menempatkan dua kipas secara strategis dapat meningkatkan sirkulasi udara secara signifikan untuk meningkatkan kenyamanan kamar tidur.

Baca juga: 4 Cara Meningkatkan Sirkulasi Udara di Rumah

Tempatkan satu kipas lantai di pintu Anda ke satu sisi mengarah ke kamar Anda sehingga menarik udara di kamar tidur.

Lalu, tempatkan kipas lain di sisi lain pintu yang mengarah ke luar ruangan sehingga meniupkan udara keluar dari kamar tidur.

Penataan ini menyebabkan udara masuk ke dalam ruangan dan mengelilingi ruangan Anda. Ini membantu memindahkan udara pengap keluar dari kamar tidur dan membawa udara segar ke dalam ruangan.

Halaman:
Sumber Hunker
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com