Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Membeli Kompor Baru

Kompas.com - 12/04/2022, 10:14 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKompor menjadi salah satu perabotan rumah tangga paling krusial yang wajib dimiliki di setiap rumah.

Mereka tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk memasak makanan, juga merebus air bahkan menghangatkan kembali makanan sisa.

Baca juga: Cara Membersihkan Kompor Kaca Pakai Cuka Putih

Walhasil, tidak jarang orang-orang memprioritaskan kompor dalam daftar barang-barang yang perlu dibeli untuk mengisi ruangan yang kerap disebut sebagai jantung rumah.

Ilustrasi kompor listrik atau kompor induksi, ilustrasi memasak menggunakan kompor listrik.Shutterstock/LightField Studios Ilustrasi kompor listrik atau kompor induksi, ilustrasi memasak menggunakan kompor listrik.

Marketing Director PT Niko Elektronik Indonesia, Tjandra Lianto, menuturkan, membeli kompor perlu dilakukan secara hati-hati lantaran ada sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan.

“Kalau kita lihat, pertama dari sisi fungsi. Kompor harus tetap fungsional, terlepas dari estetika yang ditampilkan melalui desainnya,” paparnya ketika ditemui dalam peluncuran Niko Kokana Black Series di MNC Studios, Jakarta, Senin (11/4/2022).

Fungsionalitas kompor

  • Burner dan materialnya

Salah satu hal yang berkaitan dengan fungsionalitas adalah kualitas burner yang mengeluarkan api. Ada model kompor yang memiliki burner ganda untuk menghasilkan api yang lebih panas.

Baca juga: Cara Membersihkan dan Menghilangkan Bau pada Tungku Kompor Gas

Jadi, masakan akan lebih cepat matang, penggunaan gas lebih hemat, dan pengeluaran untuk membeli gas akan lebih terbatas. Anggaran untuk urusan dapur pun menjadi lebih efisien.

Material burner pun perlu dipertimbangkan. Cari kompor dengan burner berbahan aluminium dan tembaga, misalnya seperti yang dapat ditemui di kompor kaca Niko Kokana Black Series.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com