Kompas.com - 11/04/2022, 22:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain dipakai untuk memasak atau menanak nasi, rice cooker saat ini juga berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan nasi.

Namun, tidak sedikit orang masih belum paham tentang batas waktu maksimal penyimpanan nasi di dalam rice cooker, sehingga mereka terus menyimpan nasi dalam kurun waktu yang lama.

Lantas, bolehkah menyimpan nasi terlalu lama di dalam rice cooker? Apa yang terjadi jika menyimpan nasi terlalu lama di rice cooker?

Baca juga: Berapa Lama Waktu yang Disarankan untuk Menyimpan Nasi di Rice Cooker?

Dilansir dari Lacademie, Senin (11/4/2022), dijelaskan bahwa lama waktu maksimal penyimpanan nasi di dalam rice cooker adalah antara 10-12 jam.

Ilustrasi rice cooker, magic com. Alat penanak nasi. Penemuan alat yang memudahkan memasak nasi, pertama kali berkembang di Jepang.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi rice cooker, magic com. Alat penanak nasi. Penemuan alat yang memudahkan memasak nasi, pertama kali berkembang di Jepang.
Batas maksimal penyimpanan tersebut juga tergantung pada fitur keep warm (tetap hangat) yang dimiliki rice cooker saat menyimpan nasi.

Keep warm sendiri merupakan fitur yang biasanya akan otomatis aktif setelah beras yang dimasak di dalam rice cooker matang atau menjadi nasi.

Jadi, setelah nasi matang, rice cooker akan mengaktifkan mode keep warm terus-menerus sampai kamu mematikannya secara manual.

Pada saat itu, nasi yang ada di dalam rice cooker aman untuk dikonsumsi, bahkan jika spora dibiarkan hidup.

Baca juga: 5 Cara Menghemat Listrik Saat Menggunakan Rice Cooker

Namun, semakin banyak waktu berlalu, semakin tinggi kemungkinan spora akan pecah dan merusak nasi.

Agar waktu penyimpanan nasi di dalam rice cooker bisa lebih lama dan aman, pastikan fitur keep warm memiliki suhu lebih tinggi dari 140 derajat Fahrenheit atau 60 derajat Celcius.

Namun, apabila fitur keep warm pada rice cooker milikmu tak memiliki suhu setinggi itu, lama waktu penyimpanan nasi tidak bisa sampai 12 jam, maksimal selama delapan jam atau kurang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.