Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Menghilangkan Kerak Membandel pada Kompor Listrik Kaca

Kompas.com - 24/03/2022, 17:32 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Menggunakan kompor listrik dengan berbahan kaca memang bisa membuat dapur lebih terlihat cantik. Hanya saja, bila sudah lama dan sering terkena noda minyak atau tumpahan masakan, kaca yang cantik bisa menjadi kusam.

Masalah kaca kusam ini semakin diperburuk bila kamu salah membersihkannya. Seperti menggunakan bahan pembersih dengan kandungan amonia.

Melansir dari Hunker, Kamis (24/3/2022) berikut ini tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan kaca kompor gas agar kilau warnanya kembali.

Baca juga: 7 Kesalahan yang dapat Merusak Kompor Lebih Cepat

Menggunakan baking soda

Baking soda memang berguna untuk membersihkan banyak hal. Selain itu, bahan kue yang satu ini juga berguna untuk membantu menghilangkan perubahan warna pada cincin yang habis bergesekan dengan panci panas.

Nah, cara untuk menggunakan baking soda sebagai alat pembersih ini juga cukup mudah. Kamu hanya perlu melarutkan beberapa sendok baking soda dengan air sampai membentuk pasta.

Baca juga: Cara Membersihkan Talenan yang Berjamur

Kemudian tinggal membalurkannya ke area yang kusam dan penuh dengan noda. Lantas tutup dengan kain yang tak akan luntur dan tunggu selama 30 menit.

Setelah itu bilas area yang ada pasta baking sodanya dengan kain yang lembab. Kemudian lap kaca kompor gas sampai kering.

Apabila masih ada noda yang membandel. Kamu tinggal membalurinya lagi dengan campuran baking soda dan cuka agar bisa menciptakan busa.

Kemudian tunggu hingga dua menit, baru kamu bisa menggosoknya menggunakan kain lembut. Bila sudah hilang kamu tinggal membilasnya dengan kain basah.

Baca juga: Cara Membersihkan Botol Susu Bayi agar Bebas Bakteri

Membersihkan dengan cuka

Ilustrasi cukaFREEPIK.COM Ilustrasi cuka

Cuka juga berguna untuk membersihkan peralatan rumah yang kotor dan mengalami perubahan warna. Apalagi bahan yang satu ini mudah untuk disimpan dan digunakan.

Cara menggunakannya benar-benar cukup praktis. Kamu tinggal menyemprortkannya ke seluruh permukaan kaca kompor gas dan diamkan beberapa detik. Kemudian tinggal bilas atau gosok pelan-pelan dengan kain handuk yang lembut.

Bila kaca pada kompor gasmu belum terlihat bersih, kamu tinggal menaburkan baking soda di bagian noda yang membandel. Setelahnya tutup dengan kain lembut yang sudah dicelupkan ke air hangat selama 15 menit. Selanjutnya kamu tinggal menggosok dan membilasnya.

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Kerak Coklat pada Kloset, Bisa Pakai Cola

Memakai pembersih khusus

Bila di rumahmu tidak ada baking soda ataupun cuka, kamu bisa membeli pembersih khusus kaca kompor gas. Pembersih ini juga bisa membersihkan area kaca yang berubah warna.

Setelah membelinya di supermarket, kamu tinggal mengoleskannya pada kaca kompor. Kemudian diamkan sesuai intruksi yang ada di label larutan pembersih. Setelah itu, kamu tinggal menggosoknya lalu membilas dengan kain yang lembab.

Baca juga: Agar Awet, Ini Cara Membersihkan Layar TV Sesuai Jenisnya

Seka sampai bersih sampai tak ada sisa noda yang menempel. Bila masih ada noda membandel, tinggal oleskan pembersih khususnya ke noda langsung. Gosok-gosok sampai bersih lalu seka dengan kain lembab.

Begitulah cara untuk membersihkan noda kusam dan membuat kaca kompor gas tetap berkilau. Sebaiknya kamu menghindari pembersih keras yang memiliki kandungan amonia. Sebab, bisa memudarkan kilau kaca kompor gasmu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com