Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/03/2022, 14:43 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hill's Pet

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada banyak video di internet yang menunjukkan beragam perilaku kucing yang menggemaskan.

Ada kucing yang diam saja dan tidak memberontak saat dimandikan, kucing yang melompat seperti kelinci, bahkan kucing yang kaget melihat bayangannya sendiri di cermin.

Baca juga: Kucing Peliharaan Suka Menjilati Kakinya, Normalkah?

Tidak hanya itu, ada juga video yang menampilkan kucing dengan ekspresi terpana, seperti mata melotot dan tubuh tidak bergerak, saat sedang menonton televisi atau video di ponsel pemiliknya.

Perilaku ini mungkin membuatmu bertanya-tanya, apakah kucing peliharaan bisa menonton televisi dan mengerti apa yang ditampilkan.

Disadur dari Hill’s Pet, Rabu (9/3/2022), para dokter hewan di VetBabble—situs yang dikelola oleh dokter hewan dan ahli hewan peliharaan—mengatakan, kucing “cukup” bisa menonton televisi.

Baca juga: Amankah Mainan Laser Pointer untuk Kucing Peliharaan?

Ilustrasi kucingUnsplash/Piotr Musio? Ilustrasi kucing

Kucing menonton TV

Banyak kucing dapat dan memang terlibat dalam program televisi, tetapi mereka tidak membawa perspekti yang sama seperti manusia terkait melihat televisi.

Sahabat bulu terhibur oleh warna dan gerakan yang ditampilkan. Meski kucing sangat pintar, mereka tidak memiliki kemampuan kognitif dan penalaran untuk memroses gambar dan suara menjadi pemikiran yang lebih rumit.

Saat menonton program tentang burung, misalnya, mereka tidak akan berpikir bahwa satwa yang ditampilkan di televisi terlihat indah.

Baca juga: 12 Fakta Menarik Kucing Anggora, Sudah Ada Sejak Abad ke-15

Sebaliknya, kucing justru berpikir bahwa burung tersebut adalah sesuatu yang berukuran kecil, sedang bergerak, dan harus mereka tangkap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com