Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kucing Suka Menggosokkan Tubuh ke Tanaman Hias

Kompas.com - 02/03/2022, 14:26 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing dikenal sebagai hewan peliharaan yang suka menggosokkan tubuhnya ke beberapa permukaan di dalam rumah, termasuk tanaman hias.

Dilansir dari Cuteness, Rabu (2/3/2022), ada beberapa alasan kucing menggosokkan tubuhnya ke tanaman hias seperti berikut ini. 

Baca juga: Cara Membersihkan dan Mencegah Bau Kucing di Rumah 

Kucing melepaskan feromon

Kucing berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya menggunakan feromon—zat kimia yang dikeluarkan hewan untuk berkomunikasi dengan hewan lain.

Manusia tidak bisa mencium bau feromon ini, tapi kucing bisa. Seperti diketahui, kucing memiliki indera penciuman luar biasa dengan perkiraan 80 juta reseptor penciuman (reseptor aroma) pada hidung mereka.

Baca juga: Ketahui, Ini 4 Alasan Kucing Peliharaan Menatap Pemiliknya

Pesan yang kucing gunakan untuk berkomunikasi dengan dunia dan kucing lain dilepaskan melalui kelenjar aroma yang ada pada berbagai bagian tubuhnya, termasuk dagu, pipi, bantalan kaki, punggung, ekor, belakang, dahi, dan telinga bagian bawah.

Kucing akan menggosokkan area tubuhnya yang terdapat kelenjar aroma ke tanaman. Ini bertujuan meninggalkan pesan bahwa tanaman itu adalah miliknya sehingga kucing lain harus menjauh.

Bisa pula hal itu dilakukan kucing untuk menjalin ikatan dengan kucing lain di rumah dan sebagai upaya menenangkan diri. 

Baca juga: Kenapa Kucing Suka Dielus di Bagian Kepalanya? Ternyata Ini Alasannya  

Bereaksi terhadap tanaman tertentu

Ilustrasi kucing dan tanamanUnsplash/Qin Rong Ilustrasi kucing dan tanaman
Apakah Anda merawat tanaman catnip hidup di rumah? Bila iya, Anda akan melihat kucing peliharaan menjadi liar di sekitarnya dan terus menggosokkan tubuhnya pada tanaman catnip. 

Tanaman catnip melepaskan nepetalactone ke udara, yang membuat kucing terasa mabuk saat menghirupnya. Selain berupa tanaman hidup, catnip juga tersedia dalam bentuk ekstrak minyak atau tumbuhan kering.

Selain catnip, tanaman Actinidia polygama alias silvervine juga bisa memberikan efek serupa pada kucing. Actinidia polygama sering menjadi alternatif tanaman catnip. 

Baca juga: Ragam Hal yang Menandakan Kucing Kelebihan Berat Badan

Tanaman ini menghasilkan buah seperti kiwi. Daun, kuncup, buah, dan batang tanaman Actinidia polygama bisa membuat kucing menjadi mabuk dalam cara yang baik. 

Begitu pun, saat ada pohon anggur di sekitarnya, kucing kemungkinan akan menggosok dagu atau wajahnya ke pohon tersebut, meneteskan air liur, menjilat, dan berguling-guling di lantai. 

Baca juga: Ketahui, Ini 4 Hal yang Membuat Kucing Saling Menampar Satu Sama Lain 

Apa saja tanaman hias yang berbahaya bagi kucing?

Ilustrasi tanaman hias bunga peace lily.SHUTTERSTOCK/TATYANA ABRAMOVICH Ilustrasi tanaman hias bunga peace lily.
Mengingat kucing suka menggosokkan tubuhnya ke tanaman, pastikan tanaman yang berada di rumah aman atau tidak beracun bagi sahabat bulu.

Misalnya, hindari meletakkan tanaman kaktus di rumah karena dapat melukai kucing peliharaan. Selain itu, jauhkan tanaman bunga lili dari rumah karena hampir semua bagian tanaman ini beracun bagi kucing bila tertelan. 

Tanaman beracun lainnya untuk kucing adalah lidah buaya, bakung, pakis asparagus, tanaman giok perak, dan amarilis.

Jika melihat kucing menunjukkan tanda-tanda sakit setelah menggosokkan tubuhnya ke tanaman atau memakan tanaman beracun, segera bawa kucing ke dokter hewan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com