Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/03/2022, 20:49 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.comTanaman giok (Crassula ovata) dikenal sebagai tanaman hias yang dipercaya dapat membawa keberuntungan.

Tanaman yang dikenal bernama tanaman uang ini cenderung mudah dirawat karena dapat tumbuh baik di kondisi yang hangat dan kering. Tak heran, tanaman giok sering digunakan sebagai dekorasi rumah.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Giok, Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui

Tanaman giok merupakan varietas sukulen asal Afrika Selatan dan Mozambik yang berdaun hijau, berbentuk oval, dan memiliki bunga merah muda atau putih.

Kendati mudah dirawat, tanaman yang diyakini membawa kekayaan ini dapat mengalami banyak permasalahan, salah satunya daunnya mengerut dan layu.

Penyebab daun tanaman giok layu dan mengerut 

Jade plant atau tanaman giokPEXELS/Skylar Kang Jade plant atau tanaman giok

Disadur dari Hunker, Jumat (4/3/2022), tanaman giok dapat mentoleransi tanah kering, buruk, dan hampir semua kondisi pencahayaan.

Akan tetapi, daunnya dapat mengerut dan layu karena cuaca dingin, dehidrasi, kurang pencahayaan, dan terlalu banyak pencahayaan.

Baca juga: Tips Meletakkan Tanaman Giok Menurut Feng Shui untuk Keberuntungan

  • Cuaca dingin

Suhu dingin dapat membuat daun tanaman giok mengerut dan layu. Suhu beku dapat menyebabkan air di dalam tanaman berubah menjadi es serta menghancurkan sel daun.

Jika tanaman giok terkena suhu beku untuk waktu singkat, tanaman mungkin hanya mengalami kerusakan ringan. Namun, tanaman giok yang terpapar suhu beku untuk waktu lama seperti beberapa jam, tidak mungkin pulih.

Untuk tanaman giok yang rusak karena embun beku, kamu dapat merawatnya dengan mengurangi irigasi dan memangkasnya menggunakan gunting yang disanitasi untuk menghilangkan bagian yang tampak membusuk. 

Baca juga: Cara Merawat Jade Plant atau Tanaman Giok, Cocok Jadi Dekorasi Rumah

  • Dehidrasi

Ilustrasi tanaman hias jade plant. PIXABAY/RCONCEPTZ Ilustrasi tanaman hias jade plant.

Tanaman giok dapat bertahan dalam kekeringan yang berkepanjangan karena mampu menyimpan air pada daunnya.

Akan tetapi, tanaman masih bisa mengalami dehidrasi jika tidak mendapat penyiraman dalam waktu lama. Daun tanaman giok akan mengerut, sangat tipis, dan akhirnya rontok. Dehidarsi ini pun dapat membuat batang tanaman giok keriput.

Untuk mengatasinya, siram tanaman giok secara menyeluruh dan pantau kondisinya selama dua pekan. Segera buang tanaman jika tidak menunjukkan perbaikan.

Namun, rutin menyirami tanaman bila terlihat mulai membaik dan iarkan tanah mengering sebelum disiram. Artinya, kamu dapat menyiram tanaman giok mingguan hingga bulanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com