Kompas.com - 03/01/2021, 15:32 WIB
Ilustrasi tanaman hias jade plant. SHUTTERSTOCK/OLGA MILTSOVAIlustrasi tanaman hias jade plant.

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda yang ingin mendekorasi rumah agar tampak lebih cantik, kenapa tidak memilih menempatkan tanaman hias di dalam ruangan? Selain memberi nuansa alam, tanaman hias juga memberi manfaat kesehatan.

Salah satu tanaman hias yang bisa jadi pilihan adalah tanaman giok atau jade plant. Tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman keberuntungan dan pohon uang.

Dilansir dari Martha Stewart, Minggu (3/1/2021), tanaman giok adalah tanaman hias sukulen yang populer yang dikenal karena daunnya yang tebal, kecil, namun seperti berdaging.

Baca juga: Mengenal Calathea Velvet, Tanaman Hias yang Bakal Populer Tahun ini

"Tanaman giok unik karena tidak seperti kebanyakan sukulen, mereka dapat menahan air dalam jumlah besar di daun dan batangnya, bukan pada satu atau yang lain," kata Lisa Eldred Steinkopf dari The Houseplant Guru.

Menurut Steinkopf, jade plant bisa menghasilkan bunga pada periode cuaca dingin, asalkan diberi cukup cahaya. Berkat kemampuannya menyerap air, tanaman ini juga sangat mudah dirawat.

"Berasal dari Afrika Selatan, tanaman giok beradaptasi dengan baik terhadap kekeringan, sehingga tidak memerlukan banyak keributan dalam hal penyiraman," jelas Daniel Cunningham, ahli hortikultura di Rooted In.

Cunningham mengungkapkan, jade plant juga cenderung tumbuh dengan baik dalam kondisi cahaya dalam ruangan yang lebih rendah, terutama jika dibandingkan dengan sukulen lain yang membutuhkan lebih banyak cahaya.

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Kuat di Dalam Ruangan

Cara merawat jade plant

Untuk pot, tempatkan tanaman giok Anda dalam pot dengan lebih dari satu lubang drainase.

Tanaman giok tumbuh subur di tanah yang memiliki drainase yang baik, oleh karena itu Cunningham mengatakan bahwa tanaman ini perlu menyimpannya di dalam pot yang membantu menghilangkan kelembaban berlebih.

“Carilah pot dengan beberapa lubang drainase, disertai dengan tatakan agar tidak berantakan saat air merembes keluar,” ujarnya.

Untuk tanaman giok yang lebih besar, Cunningham menyarankan pot yang kokoh, terbuat dari bahan substansial seperti keramik atau pot tanah liat, dengan alas yang lebar.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X