Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Ras Anjing Asal Inggris, dari Bulldog hingga Terrier

Kompas.com - 22/02/2022, 19:24 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com – Federasi Kinologi Internasional (FC) mengungkapkan, ada 360 ras anjing yang secara resmi diakui dan tersebar di dunia. Sebanyak 360 ras anjing tersebut berasal dari berbagai negara, termasuk Inggris.

Dilansir dari Daily Paws, Selasa (22/2/2022), ada 12 ras anjing asal Inggris yang tersebar ke seluruh dunia. Hal ini diungkapkan VP of Sport Services di American Kennel Club (AKC), Mari-Beth O’Neil.

Baca juga: Ajak Anjing Jalan-jalan, Lebih Baik Pakai Kalung atau Harness?

O’Neil juga merupakan seorang pengembang biak berpengalaman untuk Manchester Terrier dan English Cocker Spaniels. "Hampir setiap ras Terrier berasal dari Inggris, kecuali Miniature Schnauzer,” jelas O’Neil.

Dahulu, tepatnya selama periode Revolusi Industri di Inggris, ras Terrier digunakan untuk memburu semua jenis hewan buruan dalam jumlah besar.

O’Neil menuturkan, mereka dipelihara untuk membantu membasmi hama, baik itu di lumbung maupun di bangunan bisnis.

Berikut ini 12 ras anjing asal Inggris yang bisa jadi pilihan untuk dijadikan anjing peliharaan di rumah. 

Baca juga: 10 Ras Anjing Penjaga Terbaik, Tidak Hanya German Shepherd

English bulldog

Ilustrasi anjing - Anjing ras English Bulldog.SHUTTERSTOCK / Rita_Kochmarjova Ilustrasi anjing - Anjing ras English Bulldog.

English bulldog sudah ada di Inggris selama berabad-abad, tepatnya sejak abad ke-13. Awal mula kisahnya terbilang cukup menyedihkan.

English bulldog awalnya digunakan sebagai umpan dalam adu anjing. Seiring berjalannya waktu, kegiatan itu dilarang di Inggris. 

Guna menghindari kepunahan, para pengembang biak menjinakkan English bulldog menjadi hewan peliharaan, bukan untuk dipertarungkan.

Pengembang biakkan ras ini pun berhasil. English bulldog dijadikan sebagai simbol nasional Inggris dan diakui sebagai ras anjing oleh AKC pada 1886.

Baca juga: Bisakah Anjing Mengenali Pemiliknya yang Mengenakan Masker?

English cocker spaniel

Ilustrasi ras anjing English Cocker Spaniel. PIXABAY/ALKHAINE Ilustrasi ras anjing English Cocker Spaniel.

Di luar Inggris, anjing ini lebih dikenal dengan Cocker Spaniel. O’Neil mengungkapkan, English cocker spaniel merupakan salah satu ras anjing paling populer di Inggris.

Anjing ini awalnya dimaksudkan untuk menjadi teman berburu. Mereka dibagi menjadi dua grup, yakni Spaniel darat dan air.

Cocking spaniel sangat andal dalam memburu burung Scolopax, yang akhirnya membuat nama burung itu dalam bahasa Inggris, yakni Woodcock, disematkan dalam nama anjing tersebut. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com