Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal, Perhatikan 6 Hal Ini Saat Menyimpan Produk Pembersih

Kompas.com - 18/01/2022, 07:15 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak hanya benda-benda seperti buku, kunci, dan pakaianproduk pembersih rumah juga perlu dirapikan serta disimpan guna memudahkan saat mencari serta mengambilnya ketika diperlukan. 

Selain itu, membiarkan produk pembersih berceceran di rumah dapat membahayakan. Sebab, sebagian besar produk pembersih mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan keracunan bagi manusia, hewan peliharaan, bahkan tanaman.

Untuk mencegahnya, melansir Decortips, Selasa (18/1/2022), berikut enam hal yang perlu diperhatikan saat menyimpan produk pembersih di rumah.

Baca juga: 10 Cara Menghemat Waktu saat Membersihkan Rumah, Salah Satunya Multitasking

Cari tempat yang aman

Ilustrasi petugas jasa pembersihan rumah. SHUTTERSTOCK/SEBRA Ilustrasi petugas jasa pembersihan rumah.

Tempat yang aman untuk meletakkan produk pembersih adalah tempat yang tersembunyi dari pandangan, tidak mudah diakses, dan berada di ketinggian. Dengan begitu, anak-anak atau hewan peliharaan tidak bisa mengaksesnya.

Selain itu, hindari terkena sinar matahari langsung atau di dekat sumber panas. Bila perlu menyimpan produk pembersih di tempat yang memiliki kunci.

Baca juga: Mudah, Cara Membersihkan Permukaan Berjamur dengan Bumbu Dapur Ini

Tempat penyimpanan harus berventilasi

Setelah menemukan tempat yang aman untuk merapikan dan menyimpan peralatan pembersihkan, pastikan tempat itu memiliki ventilasi. Setelah itu, membuka tempat penyimpanan secara rutin setidaknya dua kali seminggu. 

Sembari membiarkan peralatan dan produk pembersih terkena udara, kamu juga bisa memeriksa atau membersihkan tumpahan apa pun yang terlihat.

Periksa tanggal kedaluwarsa

Produk pembersih rumah tangga adalah salah satu bau yang dibenci kucing.SHUTTERSTOCK/LUMENST Produk pembersih rumah tangga adalah salah satu bau yang dibenci kucing.

Produk pembersih yang sudah lewat tanggal kedaluwarsanya akan berbahaya bila terus disimpan. Untuk itu, periksa tanggal kedaluwarsa produk pembersih.

Apabila sudah mencapai tanggalnya, segera buang. Jika baru mendekati tanggal kedaluwarsa, segera gunakan.

Baca juga: Ragam Kegunaan Minyak Kayu Putih Sebagai Pembersih Alami di Rumah

Ketika merapikan tempat penyimpanan, letakkan barang dengan tanggal kedaluwarsa paling awal pada barisan depan agar bisa digunakan lebih dulu atau tidak lupa memakainya.

Perlu dicatat, pemutih, pembersih kaca, larutan pencuci pakaian, serta produk pencuci piring mengandung bahan beracun. Toksisitas mereka akan benar-benar meningkat saat sudah kedaluwarsa.

Jangan ubah wadah asli

Setelah membeli produk pembersih, jangan tuangkan ke wadah lain dan biarkan produk  menggunakan wadah aslinya. Sebab, wadah bawaan setiap produk sudah dirancang untuk mampu menampung bahaya apa pun.

Misalnya, produk berisi zat asam sebaiknya tidak dipindahkan ke wadah plastik karena dapat membuat wadah meleleh, sehingga isinya akan tumpah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com