Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Kegunaan Minyak Kayu Putih Sebagai Pembersih Alami di Rumah

Kompas.com - 01/01/2022, 11:06 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Minyak kayu putih dikenal dengan aromanya yang dapat menenangkan dan membuat badan menjadi hangat. Tak hanya itu, ketika digigit serangga, minyak kayu putih dapat menjadi obat oles yang dapat meringankan rasa gatalnya di kulit.

Melansir dari Homes to Love, Sabtu (1/1/2022), seperti faktanya, minyak kayu putih adalah pembersih antibakteri alami dan akan membuat rumah Anda beraroma segar tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya.

Dari binatu dan pembersihan sehari-hari hingga merawat hewan peliharaan Anda, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan minyak kayu putih sebagai pembersih alami yang ampuh.

Baca juga: Amankah Menggunakan Produk Pembersih yang Sudah Kedaluwarsa?

Ilustrasi tempat tidur, tempat tidur minimalis.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi tempat tidur, tempat tidur minimalis.

1. Untuk tempat tidur

Segarkan kasur, pelindung kasur, dan bantal Anda dengan semprotan air dan minyak kayu putih (perbandingan empat banding satu). Hal ini akan meninggalkan aroma yang segar dan menenangkan. 

2. Noda karpet 

Bersihkan karpet Anda dengan kain yang dibasahi dengan minyak kayu putih.

Uji pada bagian yang tidak mencolok terlebih dahulu. Selalu kerjakan ke arah tengah noda, dan bersihkan dengan sangat lembut agar Anda tidak menggosoknya.

3. Lantai

Hilangkan bau dan bersihkan lantai (lino, kayu, ubin) dengan menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke air panas, dan cuci. 

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Dapat Dijadikan Pembersih Serbaguna di Rumah

4. Bagian atas kompor 

Bagian atas kompor adalah rumah dari minyak dan kotoran (dan terkadang pasta), sehingga harus dibersihkan secara berkala.

Bersihkan bagian-bagian yang tidak menyenangkan dengan botol semprotan air (secukupnya satu cangkir), dua sendok makan minyak kayu putih dan satu sendok teh sabun cuci piring.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com