Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/01/2022, 07:56 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hidroponik adalah sistem menanam tanaman yang dilakukan dengan media air. Menanam tanaman dengan hidroponik dapat menjadi alternatif jika Anda tidak memiliki lahan yang cukup di pekarangan rumah.

Sama seperti menanam tanaman dengan media tanah, hidroponik juga membutuhkan nutrisi atau pupuk untuk dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

Dilansir dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Sabtu (1/1/2022), pembuatan nutrisi hidroponik dapat disesuaikan dengan kebutuhan jumlah tanaman yang akan ditanam.

Baca juga: Cara Menanam Cabai dengan Hidroponik, Tak Perlu Lahan Luas

Ilustrasi hidroponik. FREEPIK/JCOMP Ilustrasi hidroponik.

Jika dalam skala rumahan atau konsumsi sendiri, pupuk yang dibutuhkan tidak terlalu banyak dan bahan yang akan digunakan tidak susah didapat.

Unsur-unsur yang dibutuhkan tanaman yaitu unsur makro dan mikro. Apabila unsur tersebut terpenuhi alhasil tanaman akan tumbuh dengan baik.

Di dalam penanaman tanaman hidroponik, unsur makro dibutuhkan lebih banyak dibandingkan dengan metode tanam dengan media tanah. Adapun unsur makro yang harus terpenuhi dalam sistem tanaman hidroponik yaitu Ca (kalsium), K (kalium), P (fosfor), N (nitrogen), S (sulfur), dan Mg (Magnesium).

Adapun untuk unsur mikronya seperti Mn (Mangan), Fe (Besi), B (Boron), Ci (klor), dan Mo (Molibdenum). Sementara itu, nitrogen dibutuhkan saat tanaman bertumbuh atau saat awal bertunas dan saat daun terbentuk.

Baca juga: 7 Langkah Menanam Sayuran Secara Hidroponik di Rumah

Fosfat diberikan saat tanaman membutuhkan nutrisi. Hal ini untuk menumbuhkan akar tanaman, sehingga nantinya tanaman menyerap nutrisinya dengan akar tersebut.

Kalium berfungsi pada proses peralihan fase vegetatif ke fase reproduktif atau pembentukan buah, termasuk kebutuhan yang penting saat proses fotosintesis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com