Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Keliru, Sabun Natural Berbeda dengan Sabun Organik

Kompas.com - 21/12/2021, 17:46 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang yang masih keliru antara sabun natural dan sabun organik serta menganggap keduanya sama. Padahal, sabun natural dan sabun organik berbeda.

Founder Nunchi Studio, Nadia Priskila, mengungkapkan, sabun natural berbeda dengan sabun organik. 

Baca juga: Cara Membuat Sabun Natural di Rumah, Bahannya Gampang Dibeli!

“Organik tergantung beli bahan di mana. Minyak dari penjualnya ada sertifikat organik atau tidak,” jelasnya dalam acara live Instagram Kompas.com Kind of Life bertajuk “Hampers Gemes Gak Bikin Tongpes," yang digelar pada Senin (20/12/2021).

Nadia menambahkan, pembuat dan penjual sabun organik tidak bisa mengklaim bahwa produk yang dijual adalah sabun organik. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Residu Buih Sabun di Kamar Mandi

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kind of Life (@my.kindoflife)

Namun, beda halnya jika sudah mengantongi sertifikat yang menyatakan bahwa seluruh bahan pembuat sabun organik memang benar organik.

“Jadi, enggak bisa sembarangan bilang sabun organik, tapi enggak ada sertifikat. Bahan dasarnya harus bersertifikat (organik),” tegas Nadia.

Baca juga: Simak, Ini Perbedaan Sabun Natural dan Sabun Komersial

Ilustrasi sabun natural.SHUTTERSTOCK / PV productions Ilustrasi sabun natural.

Sementara itu, kata Nadia, apa yang dimaksud dengan sabun natural adalah sabun yang bahan-bahan pembuatnya tidak memiliki kandungan kimia.

Namun, sabun natural tidak bisa disebut sebagai sabun organik karena bahan-bahan yang digunakan belum tentu organik meski tidak menggunakan bahan kimia.

Baca juga: 5 Manfaat Memasang Bantal Bathtub bagi Kesehatan

“Natural tidak pakai bahan kimia, (tapi) kalau (bahan pembuatnya) beli di pasar swalayan, kita enggak tahu supplier-nya siapa, jadi enggak bisa mengklaim organik. Natural belum tentu organik, itu bedanya,” ujar Nadia.

Nadia juga mengaku bahwa sabun natural yang dia produksi tidak 100 persen natural karena menggunakan wewangian (fragrance) yang digunakan.

“Tapi, fragrance yang dipilih yang aman untuk kulit, jadi kualitasnya berbeda. Tetap aman untuk kulit, tapi enggak 100 persen banget natural,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com