Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Keliru, Sabun Natural Berbeda dengan Sabun Organik

Founder Nunchi Studio, Nadia Priskila, mengungkapkan, sabun natural berbeda dengan sabun organik. 

“Organik tergantung beli bahan di mana. Minyak dari penjualnya ada sertifikat organik atau tidak,” jelasnya dalam acara live Instagram Kompas.com Kind of Life bertajuk “Hampers Gemes Gak Bikin Tongpes," yang digelar pada Senin (20/12/2021).

Nadia menambahkan, pembuat dan penjual sabun organik tidak bisa mengklaim bahwa produk yang dijual adalah sabun organik. 

“Jadi, enggak bisa sembarangan bilang sabun organik, tapi enggak ada sertifikat. Bahan dasarnya harus bersertifikat (organik),” tegas Nadia.

Sementara itu, kata Nadia, apa yang dimaksud dengan sabun natural adalah sabun yang bahan-bahan pembuatnya tidak memiliki kandungan kimia.

Namun, sabun natural tidak bisa disebut sebagai sabun organik karena bahan-bahan yang digunakan belum tentu organik meski tidak menggunakan bahan kimia.

“Natural tidak pakai bahan kimia, (tapi) kalau (bahan pembuatnya) beli di pasar swalayan, kita enggak tahu supplier-nya siapa, jadi enggak bisa mengklaim organik. Natural belum tentu organik, itu bedanya,” ujar Nadia.

Nadia juga mengaku bahwa sabun natural yang dia produksi tidak 100 persen natural karena menggunakan wewangian (fragrance) yang digunakan.

“Tapi, fragrance yang dipilih yang aman untuk kulit, jadi kualitasnya berbeda. Tetap aman untuk kulit, tapi enggak 100 persen banget natural,” ucapnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/21/174600976/jangan-keliru-sabun-natural-berbeda-dengan-sabun-organik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke