Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seru, Belajar Berkreasi Membuat Ragam Furnitur di Ruangqu

Kompas.com - 06/12/2021, 09:45 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Furnitur telah menjadi perlengkapan penting yang mencakup barang-barang seperti kursi, meja, lemari, dan sebagainya.

Untuk memiliki sebuah furnitur yang dibutuhkan, umumnya hal itu dilakukan dengan membelinya di berbagai toko furnitur, baik secara online maupun offline.

Namun, bagi siapa pun yang tertarik untuk memiliki sebuah furnitur buatan sendiri, maka berkreasi di Ruangqu bisa menjadi pilihan menarik dan tak biasa.

Baca juga: 5 Furnitur yang Dibutuhkan Taman untuk Memberi Kenyamanan

Ruangqu sendiri merupakan markerspace art and craft, yakni sebuah tempat kolaborasi untuk menciptakan produk furnitur atau kerajinan tangan.

Jadi, di Ruangqu siapa pun bisa mengikuti kelas wood working atau membuat sebuah furnitur maupun kerajinan tangan berbahan kayu buatan sendiri, alias swakarya atau Do It Yourself (DIY).

Bisa dibilang Ruangqu juga menjadi ruang untuk mengasah keterampilan pertukangan kayu dengan memanfaatkan peralatan kerja yang tersedia di pasar.

Semua hal yang diperlukan untuk pembuatan furnitur atau kerajinan tangan pun sudah tersedia, mulai dari segala macam alat perkakas kayu dan bahan kayu untuk dijadikan sebagai furnitur.

Baca juga: Tips Memilih Furnitur Kayu yang Pas untuk Hunian

Bahkan, segala macam bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sesuatu dipastikan aman, karena menggunakan bahan yang eco-friendly atau ramah lingkungan.

"Semua alat-alat dan yang dibutuhkan itu sudah kita siapkan. Jadi, bagi yang berminat cuma tinggal datang, pulang bawa hasil yang dibuat," jelas Lili Laurensia, salah satu pendiri Ruangqu ketika ditemui Kompas.com, Minggu (5/12/2021).

Lili mengatakan bahwa setiap orang yang tertarik untuk membuat suatu swakarya akan benar-benar diajarkan dari tahap paling awal dan mudah.

Hal itu tentunya akan sangat membantu siapa pun yang tertarik dalam praktik DIY, namun sama sekali tidak tahu harus memulai dari mana.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com