Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Hujan Tiba, Ini Tips Merawat Furnitur Kayu agar Tetap Bagus

Kompas.com - 12/11/2021, 20:30 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Swirlster

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat furnitur kayu bukan hal mudah , terutama saat musim hujan berlangsung.

Kadar air yang tinggi saat musim hujan dapat menghadirkan rayap dan hama lain sehingga bisa menjadi malapetaka bagi furnitur kayu.

Karena itu, furnitur kayu, terlebih kayu asli, perlu mendapat perawatan ekstra untuk menjaga tampilannya tetap mengilap serta mencegah kerusakan pada strukturnya.

Dilansir dari Swirlster, Jumat (12/11/2021), berikut tips merawat furnitur kayu agar tetap terlindungi saat musim hujan. 

Baca juga: Tips Merawat Furnitur Kayu agar Awet dan Tidak Berjamur

Kontrol kelembapan

Pelapis furnitur memiliki kecenderungan menarik kelembapan yang berasal dari dinding, yang pada akhirnya mempengaruhi kayu.

Jadi, kamu perlu menarik semua furnitur kayu seperti kursi tamu, tempat tidur, lemari, dan lain-lain sejauh enam inci dari dinding untuk mencegah kerusakan selama musim hujan.

Saat tidak hujan, upayakan jendela tetap terbuka agar sinar matahari masuk ke ruangan. Hal ini akan mengurangi kelembapan di dalam ruangan. 

Baca juga: 5 Trik Mencegah Hewan Peliharaan Merusak Furnitur di Rumah

 

Gunakan bola kamper

Bola kamper atau naftalena adalah penyerap kelembapan yang bagus serta membantu melindungi pakaian dan lemari dari rayap juga hama lainnya.

Jika ingin mencari sesuatu yang lebih alami, daun nimba atau cengkih bisa digunakan untuk tujuan yang sama.

Gunakan humidifier

Jika penyebab tenggorokan gatal adalah udara kering atau alergi, humidifier atau pelembab udara dapat membantu sebagai cara mengatasi tenggorokan gatal.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Jika penyebab tenggorokan gatal adalah udara kering atau alergi, humidifier atau pelembab udara dapat membantu sebagai cara mengatasi tenggorokan gatal.
Humidifier adalah perangkat elektronik yang bagus untuk mengendalikan suhu dan kelembapan. Hutingkat kelembapan di rumah yang akan membantu furnitur kayu tahan lama. 

Baca juga: 5 Langkah Memilih Furnitur yang Sempurna untuk Ruang Luar di Rumah

Hindari kain basah

Hindari menggunakan kain basah untuk membersihkan furnitur kayu. Sebaiknya, menggunakan kain lap yang bersih dan kering.

Selain itu, debu tidak boleh dibiarkan kotor selama musim hujan karena cenderung menempel pada furnitur kayu. 

Baca juga: 4 Furnitur yang Harus Dibeli untuk Melengkapi Rumah Baru

Gunakan pernis

Tergantung pada semir furnitur, aplikasikan lapisan pernis setidaknya sekali dalam dua tahun untuk mengisi pori-pori dan meningkatkan umur furnitur kayu.

Cara ini juga dapat mencegah furnitur kayu menjadi melengkung atau menonjol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com