Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seru, Belajar Berkreasi Membuat Ragam Furnitur di Ruangqu

JAKARTA, KOMPAS.com - Furnitur telah menjadi perlengkapan penting yang mencakup barang-barang seperti kursi, meja, lemari, dan sebagainya.

Untuk memiliki sebuah furnitur yang dibutuhkan, umumnya hal itu dilakukan dengan membelinya di berbagai toko furnitur, baik secara online maupun offline.

Namun, bagi siapa pun yang tertarik untuk memiliki sebuah furnitur buatan sendiri, maka berkreasi di Ruangqu bisa menjadi pilihan menarik dan tak biasa.

Ruangqu sendiri merupakan markerspace art and craft, yakni sebuah tempat kolaborasi untuk menciptakan produk furnitur atau kerajinan tangan.

Jadi, di Ruangqu siapa pun bisa mengikuti kelas wood working atau membuat sebuah furnitur maupun kerajinan tangan berbahan kayu buatan sendiri, alias swakarya atau Do It Yourself (DIY).

Bisa dibilang Ruangqu juga menjadi ruang untuk mengasah keterampilan pertukangan kayu dengan memanfaatkan peralatan kerja yang tersedia di pasar.

Semua hal yang diperlukan untuk pembuatan furnitur atau kerajinan tangan pun sudah tersedia, mulai dari segala macam alat perkakas kayu dan bahan kayu untuk dijadikan sebagai furnitur.

Bahkan, segala macam bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sesuatu dipastikan aman, karena menggunakan bahan yang eco-friendly atau ramah lingkungan.

"Semua alat-alat dan yang dibutuhkan itu sudah kita siapkan. Jadi, bagi yang berminat cuma tinggal datang, pulang bawa hasil yang dibuat," jelas Lili Laurensia, salah satu pendiri Ruangqu ketika ditemui Kompas.com, Minggu (5/12/2021).

Lili mengatakan bahwa setiap orang yang tertarik untuk membuat suatu swakarya akan benar-benar diajarkan dari tahap paling awal dan mudah.

Hal itu tentunya akan sangat membantu siapa pun yang tertarik dalam praktik DIY, namun sama sekali tidak tahu harus memulai dari mana.

Para peserta yang mengikuti kelas wood working di Ruangqu nantinya akan diajarkan mengenai penggunaan tools, atau segala macam alat perkakas kayu yang mendukung proses pembuatan furnitur maupun kerajinan tangan.

Mereka nantinya akan merasakan sensasi menggunakan beragam peralatan kayu dari merek-merek ternama.

Selanjutnya para peserta juga akan diajarkan cara memotong kayu, mengampelas kayu, menyusunnya menjadi furnitur, memaku, mengelem, hingga proses finishing atau sentuhan akhir.

Dalam kesempatan yang sama, Marques Darmawan, yang juga merupakan salah satu pendiri sekaligus pengajar di Ruangqu mengatakan bahwa praktik DIY bisa menjadi jalan untuk meningkatkan industri kreatif di Indonesia.

Namun, ruang praktik DIY masih sangat awam bagi banyak masyarakat, karena kurangnya publikasi dan dilirik oleh pihak terkait.

Padahal, kegiatan berkreasi membuat sesuatu secara mandiri seperti yang ada di Ruangqu bisa menjadi sebuah hal yang menjanjikan untuk berwirausaha.

"Pandemi ini momen yang pas banget untuk berkreativitas, mengerjakan sesuatu yang tidak pernah dikerjakan untuk menjadi peluang usaha," ujar Marques.

Pada intinya, di RuangQu siapa saja dapat belajar menjadi tukang kayu untuk membuat furnitur sederhana seperti meja kopi, meja laptop, kursi tangga, dan lain-lain.

Mereka akan diajarkan cara mudah membuat sesuatu yang cantik dan menarik, lalu membawanya pulang ke rumah.


Jika tertarik dengan kegiatan satu ini, maka kamu bisa mengunjungi akun Instagram @ruangqu untuk melakukan pendaftaran.

Saat pendaftaran, kamu dapat menentukan pelatihan yang diinginkan baik secara private atau tidak sesuai dengan hari yang kamu mau.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/06/094500076/seru-belajar-berkreasi-membuat-ragam-furnitur-di-ruangqu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke