Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/07/2021, 12:45 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Pink Villa

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika melakukan kegiatan memasak, dapur yang tadinya bersih bisa menjadi kotor dan berantakan.

Selain itu, permukaan lantai dapur juga kerap menjadi licin dan berminyak sehingga terasa tidak nyaman dan dapat membahayakan saat berjalan. 

Baca juga: Terungkap, 5 Tren Desain Dapur yang Populer di Instagram

Untuk menghindari hal yang tak diinginkan sekaligus membuatnya kembali nyaman, penting untuk segera membersihkan lantai dapur yang licin serta berminyak.

Dilansir dari Pink Villa, Kamis (15/7/2021), berikut ini tiga bahan alami yang dapat membersihkan lantai dapur

Baca juga: 7 Pilihan Keramik untuk Lantai Dapur yang Antilicin

Campuran baking soda dan cuka

Untuk menghilangkan kotoran dari lantai dapur, kamu bisa menggunakan campuran satu sendok makan baking soda dengan sedikit cuka ke dalam gelas.

Campur aduk keduanya hingga merata dan membentuk pasta halus. Kemudian, oleskan pasta pada lantai dapur dan biarkan selama satu jam sampai mengering. Setelah kering, bersihkan lantai dengan air hangat dan kain basah. 

Baca juga: 5 Pilihan Pelapis Lantai Dapur, Apa Saja?

Campuran kulit jeruk dan cuka putih

Ambil segenggam kulit jeruk dan campur dengan seperempat cangkir cuka putih. Biarkan campuran ini selama sekitar dua hingga minggu.

Kemudian, gabungkan campuran tersebut dengan air secukupnya dan gunakan untuk mengharumkan dan membersihkan lantai dapur. 

Baca juga: Seberapa Sering Harus Membersihkan Lantai Dapur? Ini Penjelasannya

Campuran cuka putih dan alkohol

Ambil setengah sendok teh cuka putih, setengah sendok teh alkohol, dan setengah gelas air untuk membuat larutan pembersih.

Campurkan semua bahan ke dalam wadah, lalu tambahkan setengah sendok teh sabun cuci piring cair. Aduk semua bahan hingga tercampur rata, lalu pindahkan ke dalam botol semprot.

Selanjutnya, semprotkan larutan ke lantai dapur untuk menghilangkan kotoran dan noda minyak. Terakhir, seka atau pel lantai dapur dan biarkan lantai mengering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com