Kompas.com - 26/05/2021, 14:50 WIB
Ilustrasi lantai dapur Unsplash/Jens BehrmannIlustrasi lantai dapur

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur merupakan area di rumah yang rentan menciptakan permukaan lantai menjadi licin. Hal ini tak lain disebabkan tumpahan atau percikan minyak, minuman, air di bak cuci piring, dan sebagainya.

Oleh karena itu, penting bagi setiap pemilik rumah menggunakan keramik antilicin untuk lantai dapur. Keramik yang tidak licin membantu menjaga ruang memasak tetap aman untuk siapa pun. 

Baca juga: 5 Jenis Keramik untuk Lantai Kamar Mandi yang Antilicin

Dilansir dari beberapa sumber, Rabu (26/5/2021), berikut ini tujuh pilihan keramik lantai dapur yang tidak licin.

Terrazo

Terrazo atau teraso adalah keramik yang terbuat dari campuran semen dan pasir. Bagian atas kerami dilapisi dengan bahan keras seperti pecahan marmer. 

Baca juga: 5 Pilihan Pelapis Lantai Dapur, Apa Saja?

Lantai terrazo dapat dibedakan menjadi dua, yaitu lantai berpermukaan halus dan kasar. Terazzo dengan permukaan kasar cocok digunakan di dapur karena dapat mencegah terjadinya insiden terpeleset.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hexagonal

Hexagonal adalah keramik lantai berpola segi enam yang memiliki bentuk arsitektur yang modis dan modern. Bentuk ini terinspirasi dari sarang lebah. 

Baca juga: Seberapa Sering Harus Membersihkan Lantai Dapur? Ini Penjelasannya

Untuk ruang dapur, gunakan keramik hexagonal bertekstur matte tanpa lapisan kaca. Tekstur ini memiliki permukaan yang kokoh dan tidak licin.

Terakota

Terakota merupakan lantai yang berbahan dasar tanah liat yang proses pembuatannya dicetak, kemudian dibakar dengan berbagai bentuk variatif seperti persegi panjang, bujur sangkar, segi enam atau kotak, dan bentuk lainnya. 

Baca juga: Lantai Dapur Licin? Atasi dengan 6 Cara Ini

Nuansa warnanya yang menyerupai tanah warna cokelat dan oranye akan memberi sentuhan hangat sekaligus tidak licin di ruang dapur.

Batu alam

Keramik batu alam bisa menjadi salah satu pilihan aman untuk lantai dapur lantaran tidak licin. 

Baca juga: 6 Jenis Keramik yang Banyak Digunakan untuk Lantai Rumah

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.