Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/02/2021, 13:25 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Lantai rumah adalah salah satu permukaan yang menjadi tempat berkembang biak kuman, bakteri, dan virus.

Dengan banyaknya orang yang keluar masuk dan partikel makanan berjatuhan membuat, kuman dan teman-temannya dengan leluasa tinggal di atas lantai.

Untuk mengurangi kemungkinan masuknya mikroba berbahaya, biasakan untuk menggunakan alas kaki yang berbeda di dalam dan di luar ruangan.

Baca juga: Kenapa Lantai Lengket Setelah Dipel? Ini yang Harus Dilakukan

Untuk sepatu yang kamu pakai saat berbelanja atau untuk bekerja yang kamu simpan di lemari, rendam dalam bak kaki atau cuci dan desinfektan sebelum membawanya masuk. Untuk menambah lapisan pelindung, cuci lantai sekali seminggu, dan area dapur lebih sering dari itu.

Berikut adalah tips untuk membersihkan dan mendisinfeksi lantai berdasarkan jenisnya.

1. Kayu

Dilansir dari Real Simple, Jumat (26/2/2021), saat membersihkan lantai kayu keras, hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat pelapis dari lantai kayu itu sendiri, apakah poliuretan atau lilin.

Untuk memeriksanya, cukup gosok lantai dengan jari jika ada noda, maka lantai dilapisi dengan lilin.

Baca juga: Simak 5 Hal Ini Sebelum Memasang Lantai Kayu

Lantai yang diberi lilin tidak terlindungi seperti lantai dengan lapisan poliuretat, jadi jangan menyiramnya dengan air atau menggunakan kain lembab untuk membersihkannya.

Sebaliknya, Kamu harus sering menyapu dan menyedot debu. Tidak banyak desinfeksi yang dapat dilakukan pada lantai kayu yang dilapisi lilin, tetapi kamu dapat secara teratur menyemprotkan disinfektan pilihanmu di kamar untuk membantu menguranginya.

Lantai kayu berlapis poliuretan lebih umum, dan mungkin seperti yang kamu miliki di rumah sendiri. Ini berarti lantai lebih terlindungi dari cairan.

Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan kain lap basah atau kain pel dengan air sabun untuk membersihkannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com