Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Cara Menjaga Ubin Lantai Tetap Berkilau

Kompas.com - 30/01/2021, 08:48 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Boldsky

JAKARTA, KOMPAS.com - Ubin lantai merupakan material bangunan yang ada di hampir semua ruangan rumah, mulai dari ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, ruang dapur dan sebagainya.

Sayangnya, ubin lantai mulai kehilangan kilaunya setelah beberapa waktu karena menjadi pijakan penghuni rumah setiap hari, kotoran, dan noda yang menumpuk.

Ubin lantai yang kotor membuat seluruh ruangan terlihat jorok dan tidak disukai. Tanpa memiliki lantai berkilau, rumahmu bisa terlihat kusam, betapapun baiknya kamu mendekorasi rumah.

Baca juga: Pintu Menggores Lantai? Begini Cara Memperbaikinya

Oleh karena itu, lantai kotor dan kusam tidak bisa diabaikan, dan kamu harus meluangkan waktu dari kesibukanmu untuk menjaganya, sehingga ubin lantai mulai bersinar lagi.

Ada banyak tips untuk mengilapkan ubin lantai, namun, jika kamu tidak tahu cara menjaga ubin lantai tetap bersinar, baca terus artikel ini sampai selesai untuk memandumu secara menyeluruh.

Meski banyak produk pembersih lantai yang menawarkan kekilauan, cara terbaik untuk membersihkan ubin lantai di rumahmu adalah dengan menggunakan bahan alami tertentu yang mungkin sudah ada di rumahmu.

Dilansir dari Boldsky, Sabtu (30/1/2021), ketahui beberapa bahan alami untuk menjaga ubin lantai tetap bersih dan bersinar.

Baca juga: Kenapa Lantai Lengket Setelah Dipel? Ini yang Harus Dilakukan

Amonia

Ambil satu ember air panas dan tambahkan sekitar seperempat cangkir amonia ke dalamnya. Kemudian, ambil kain pel dan rendam ke dalam larutan ini dan setelah itu peras airnya.

Bersihkan ubin lantaimu agar bebas kuman. Jika ubin lantaimu terdapat noda kuning, maka amonia adalah solusi terbaik untuk mengembalikan kilau asli ubin lantaimu. Cara ini adalah salah satu dari banyak tips untuk ubin lantai yang bersinar.

Boraks, cuka dan amonia

Jika ubin lantai di rumahmu memiliki penumpukan kotoran atau buih sabun yang keras, maka solusi terbaik adalah menyekanya dengan larutan yang terdiri dari seperempat cangkir boraks, setengah cangkir cuka dan setengah cangkir amonia.

Halaman:
Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com