Kompas.com - 26/02/2021, 09:27 WIB
Ilustrasi membersihkan rumah shutterstockIlustrasi membersihkan rumah

JAKARTA, KOMPAS.com — Membersihkan rumah menjadi tanggung jawab yang harus dikerjakan. Namun seringkali, membersihkan rumah tak lantas membuat semua barang di rumah menjadi teratur karena penataannya yang tidak benar.

Belum lagi, membersihkan rumah kerap menguras tenaga yang akan membuatmu kelelahan.

Untuk mengatasi ini, Marie Kondo, penata rumah profesional Jepang dan penulis "The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing" membagikan tipsnya.

 

Baca juga: Membersihkan Rumah Baik untuk Kesehatan Mental, Berikut Penjelasannya

Kondo mengungkapkan metode "KonMari" yang sederhana namun sangat efektif untuk membersihkan rumah dari atas ke bawah dengan sedikit usaha.

Berikut adalah trik dan cara membersihkan rumah ala Jepang menggunakan metode KonMari dari Kondo, seperti dikutip dari Frugal Overload, Jumat (26/2/2021). 

1. Buang apa yang tidak membuatmu bahagia

Saat membersihkan rumah, kamu tentu akan menyingkirkan barang-barang yang terkesan berantakan. Namun saat menyingkirkannya, kamu merasa kekacauan dan kesan berantakan tidak pergi begitu saja dari rumah dan hal ini akan membuatmu merasa kesal.

Itulah mengapa langkah pertama untuk memelihara rumah yang bersih dan teratur bisa dimulai dengan membuang hal-hal yang sebenarnya tidak kita inginkan atau butuhkan.

Baca juga: 7 Cara Efektif Membersihkan Rumah yang Kebanjiran

Untuk mempermudah proses pembuangan, Kondo menyarankan untuk mengambil setiap barang dan bertanya pada diri sendiri, "Apakah ini membuatku merasa bahagia?” Jika tidak, buanglah. Jika iya, simpan di tempat penyimpanan yang diatur sesuai kategorinya.

2. Rapikan menurut kategori

Saat kamu memulai proses pembuangan barang yang sudah tak bisa digunakan dan tidak membuatmu bahagia, Kondo merekomendasikan untuk merapikan semua barang-barang berdasarkan kategorinya.

Misalnya, kategori pakaian, kumpulkan dan letakkan di satu tempat khusus. Periksa pakaian mana yang masih bisa kamu pakai, mana yang sudah kekecilan atau mungkin sudah tidak lagi modis.

Namun jika masih banyak baju yang layak pakai, kamu bisa menyumbangkannya. Jika terlalu buruk, kamu bisa menyingkirkan atau menyumbangkannya. 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X