Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membersihkan Rumah Baik untuk Kesehatan Mental, Berikut Penjelasannya

Kompas.com - 23/02/2021, 12:17 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Pink Villa

JAKARTA, KOMPAS.com — Kamu mungkin telah melakukan banyak hal untuk mengurangi stres yang mungkin terjadi karena pekerjaan hingga urusan rumah tangga.

Namun ternyata tak perlu pergi jauh-jauh dan mengeluarkan banyak uang untuk melepaskan stres. Membersihkan tumah ternyata bisa membantumu mengatasinya.

Dilansir dari Pinkvilla, Selasa (23/2/2021), sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa membersihkan rumah sebenarnya baik untuk menurunkan kecemasan dan stres.

Baca juga: 7 Cara Efektif Membersihkan Rumah yang Kebanjiran

Laporan tersebut juga mengatakan bahwa rumah yang berantakan meningkatkan kadar hormon stres kortisol dalam tubuh kita. Ini juga berdampak negatif pada kesehatan mental kita yang menyebabkan ketegangan dan ketidakpastian.

Akan tetapi, kenapa ini bisa terjadi? Berikut penjelasannya

1. Membantu melepaskan endorfin

Membersihkan rumah sebenarnya juga merupakan bentuk olahraga yang baik. Karena, kegiatan ini akan membantu membakar kalori ekstra di tubuh.

Selain itu, membersihkan rumah akan memberikan rasa kepuasan dalam pikiran karena dapat mengatur tempat tinggalmu hingga rapi dan bersih.

Baca juga: 6 Tempat dan Benda yang Sering Terlewat Saat Membersihkan Rumah

2. Menghilangkan aroma tak sedap

Aroma rumah berdampak besar pada kesehatan mentalmu. Jika ada bau yang menyenangkan di ruangan, maka itu akan membuatmu merasa berenergi, segar dan rileks.

Untuk itu, penting menjaga rumah tetap harum dan terjaga kebersihannya.

3. Membantumu tidur nyenyak

Rumah yang rapi membantu tidur nyenyak karena ruang yang rapi akan meningkatkan energi positif di dalam ruangan yang membantu meningkatkan kualitas tidurmu.

4. Membantu tingkatkan konsentrasi

Ketika segala sesuatunya berantakan di sekitarmu, maka itu akan mengalihkan fokusmu juga. Jadi, ketika kamu membersihkan rumah, mengatur semua dan merapikannya, maka itu bisa meningkatkan tingkat konsentrasimu juga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com