Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/04/2021, 12:57 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi pandemi membuat lebih banyak orang menggeluti hobi baru, salah satunya adalah berkebun. Tidak hanya tanaman hias, kini banyak juga orang yang menanam sayuran dan buah-buahan di rumah untuk kebutuhan sendiri.

Salah satu yang bisa ditanam di rumah adalah tomat. Anda tidak hanya mendapatkan kepuasan karena menanam makanan Anda sendiri, tetapi juga bisa memperoleh tomat yang paling segar.

Dilansir dari Real Simple, Kamis (29/4/2021), berikut cara menanam tomat di rumah dengan proses yang tidak sulit.

Baca juga: 4 Pilihan Pot untuk Tanaman Sayuran

1. Persiapan tanah dan proses menanam

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih bibit tomat yang akan ditanam. Ada banyak jenis tomat yang bisa menjadi pilihan, termasuk tomat ceri yang berukuran kecil dan biasa dijadikan pelengkap salad.

Menanam tomat di tanah subur adalah kunci, jadi pastikan untuk menambahkan satu hingga dua inci kompos organik ke tanah di awal musim tanam.

Saat menanam tomat, satu hal yang ditekankan adalah menanam bibit tomat dalam-dalam, sehingga bagian paling bawah dan bahkan beberapa pucuk daun pertama berada di bawah permukaan tanah.

Bagian yang terkubur membantu tanaman mengembangkan sistem akar yang lebih kuat. Jangan lupa untuk menyertakan penyangga saat tanaman masih kecil, sebelum lepas kendali.

Baca juga: Cara Mudah Menanam Sayuran di Dalam Pot

Tomat juga harus ditanam di bawah sinar matahari sebanyak mungkin. Mereka harus ditanam jarang, dengan jarak sekitar dua atau tiga kaki.

"Anda mungkin akan mendapatkan lebih banyak dari empat tanaman jarak daripada yang Anda dapatkan dari selusin tanaman yang terlalu penuh," kata Jeff O'Hara dari Union Hill Farms di Denville, New Jersey, AS.

"Beri mereka ruang. Hal terbesar yang dilakukan pemilik rumah adalah membuat mereka sesak," imbuhnya.

2. Gunakan tiang pancang

Tentu, tomat pertama tidak tumbuh di tiang pancang. Tapi menempelkan tanaman tomat dengan lembut ke tiang pancang logam atau kayu adalah ide yang bagus.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com