Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/03/2021, 14:53 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mencoba untuk menanam tanaman sayuran, ada beberapa hal yang tak kamu sadari itu merupakan sebuah kesalahan, sehingga berujung pada kegagalan.

Sama seperti kegiatan berkebun pada umumnya, menanam tanaman sayuran perlu memerhatikan banyak hal dan perawatan khusus.

Oleh karena itu, tukang kebun yang paling berpengalaman pun akan memberitahumu bahwa berkebun adalah tentang semua uji coba, terkadang berhasil dan di lain waktu tidak.

Baca juga: Tips untuk Kamu yang Baru Memulai Menanam Sayuran

Kamu harus mencoba berbagai hal saat berkebun, tetapi jika berpegang pada beberapa aturan dasar, kamu dapat meningkatkan peluang untuk sukses.

Dilansir beberapa sumber, Senin (1/3/2021), berikut ini beberapa kesalahan umum dalam berkebun tanaman sayuran yang seharusnya kamu hindari.

1. Menanam terlalu besar

Mulailah dengan tanaman dalam jumlah kecil dan mudah diatur atau cukup tanam dalam wadah. Wadah 4 x 4 yang ditinggikan adalah ukuran yang bagus untuk pemula. Itu memungkinkan untuk sukses tanpa kewalahan.

Pikirkan tentang berapa banyak sayuran yang bisa kamu makan dan jangan tanam berlebihan.

Baca juga: Usir Serangga Tanaman Sayuran, Pakai Minyak Goreng hingga Sampo Bayi

2. Menjejali tanaman

Pekebun pertama kali mungkin tidak menyadari seberapa besar beberapa tanaman akan tumbuh. Pastikan memberi tanaman banyak ruang untuk tumbuh.

Hama mudah menyerang jika tanaman terlalu dekat. Ikuti petunjuk pada label dan kemasan pada benih untuk jarak yang tepat.

3. Menanam di luar musim

Pastikan untuk mengetahui zona pertumbuhanmu dan tanamlah yang sesuai. Kacang polong dan selada umumnya ditanam di awal musim semi.

Jika terlambat menanamnya, kamu akan membatasi siklus hidup tanaman dan tidak akan menghasilkan banyak.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com