Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/03/2021, 20:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam sayuran tidak harus di halaman rumah atau di kebun. Anda juga bisa menanam berbagai jenis sayuran di dalam rumah dengan pot tanaman.

Dengan berbagai metode dan perangkat yang tepat, Anda bisa sukses memanen beberapa sayuran kesukaan dalam waktu beberapa bulan. Namun, perlu diingat, kemungkinan Anda tidak bisa memanen sayuran sebanyak jika ditanam di kebun atau halaman rumah.

Dilansir dari The Spruce, Kamis (18/3/2021), berikut beberapa sayuran yang mudah ditanam di dalam ruangan.

Baca juga: Punya Taman Kecil? Tanam Jenis Sayuran Ini

1. Wortel

Menanam wortel di pot di dalam ruangan tidak hanya praktis dan menambah dekorasi dapur, namun juga memecahkan masalah jika tanah di halaman rumah Anda berbatu atau tidak subur.

Varietas wortel yang lebih kecil paling mudah ditanam di dalam. Wortel membutuhkan lebih sedikit ruang agar lebih cepat dipanen.

Pot yang panjang, seperti pot di ambang jendela, sangat ideal. Tutupi benih dengan lumut gambut lembab agar benih tidak mengering.

Jagalah agar tanah tetap lembab, dan benih Anda akan berkecambah dalam dua minggu, meskipun jumlah hari untuk bisa memanen akan tergantung pada varietas yang Anda tanam.

Baca juga: 9 Kesalahan Umum dalam Berkebun Sayuran

 

Ilustrasi tanaman cabai di dalam pot. PIXABAY/LEELUU Ilustrasi tanaman cabai di dalam pot.

2. Cabai

Cabai banyak ditanam di halaman rumah oleh masyarakat, namun juga bisa ditanam di dalam ruangan.

Tanam beberapa cabai dari biji atau pindahkan beberapa tanaman dari kebun Anda ke pot untuk diletakkan di dalam rumah. Anda mungkin tidak mendapatkan panen besar, tetapi mereka akan berbuah.

Gunakan pot yang tingginya minimal 8 inci dan pastikan cabai Anda mendapatkan cahaya setidaknya 10 jam setiap hari.

Selain itu, Anda harus membiarkan tanah mengering di antara penyiraman, sehingga Anda tidak berisiko menenggelamkan tanaman.

Cabai melakukan penyerbukan sendiri, tetapi Anda mungkin perlu membantunya. Anda dapat melakukannya dengan mendorong tanaman untuk mengguncang serbuk sari dari satu bunga ke bunga lainnya atau menggunakan kapas untuk membersihkan setiap bunga dengan serbuk sari.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com