Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2021, 19:43 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat musim hujan yang berlangsung di banyak wilayah Indonesia seperti sekarang ini, ketersediaan air yang turun dari hujan tentu menjadi melimpah.

Perlu kamu ketahui bahwa air hujan dapat membuat daun-daun tanaman menjadi hijau dan subur, hal ini dikarenakan adanya nitrogen bebas.

Ketika musim hujan, sebenarnya ini menjadi waktu yang baik untuk menanam berbagai macam tanaman sayuran dan buah-buahan.

Baca juga: 7 Sayuran yang Mudah Ditanam di dalam Ruangan

Tanaman sayuran dan buah-buahan yang ditanam saat musim hujan membuat umurnya jadi lebih singkat untuk tumbuh, sekaligus memiliki tingkat ketahanan yang tinggi terhadap ketersediaan air yang melimpah.

Seperti yang dilihat dari kanal Youtube Le' Toen, Senin, (08/2/2021), berikut ini beberapa tanaman sayur yang cocok ditanam saat musim hujan.

1. Kangkung

Kangkung merupakan salah satu sayuran yang dapat hidup di dataran rendah dengan kelembapan yang cukup tinggi, bahkan mereka dapat hidup di perairan.

Kangkung sendiri mulai dibudidayakan di dataran rendah dan tanah, akan tetapi hal tersebut tidak mengubah tingkat ketahanan kangkung terhadap cuaca lembab dan tergenang air.

Baca juga: 6 Tanaman Sayuran Ini Cocok Ditanam di Pot, Apa Saja?

Maka dari itu, kangkung sangat baik untuk dibudidayakan saat musim hujang berlangsung.

2. Bayam

Bayam juga cocok ditanam saat musim hujan, setelah melalui proses penyemaian, pindah tanam bayam yang dilakukan saat musim hujan sangat baik terhadap tahap perkembangannya.

Air hujan yang turun dapat membantu tanaman bayam mengalami pertumbuhan yang cepat dan juga subur.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com