Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/03/2021, 07:55 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tas belanja yang dapat digunakan kembali adalah keuntungan bagi lingkungan, membantu Anda mengurangi sampah plastik setiap kali Anda pergi ke toko. Tetapi tanpa pembersihan yang benar, mereka juga bisa berbahaya bagi kesehatan Anda.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Selasa (9/3/2021), hal itu karena tas belanja Anda yang ramah lingkungan bisa membawa banyak bakteri.

Bakteri yang menempel di tas belanja berasal dari beberapa bahan makanan yang dibawa di dalamnya, seperti daging mentah, produk susu yang bisa jadi residu bocor, dan lainnya.

Baca juga: Bisa Jadi Sarang Bakteri, Begini Cara Mencuci Tas Belanja

Semua itu dapat mengubah kantong belanja Anda yang dapat digunakan kembali menjadi tempat berkembang biak bagi kuman dan bakteri.

Faktanya, satu penelitian menemukan bakteri berbahaya bersembunyi di hampir semua tas yang dapat digunakan kembali.

Di antaranya, setengah membawa bakteri coliform yang ditemukan di usus manusia dan hewan dan mengindikasikan kontaminasi feses dan 12 persen mengandung E. coli, bakteri usus lain yang dapat menyebabkan diare dan penyakit lainnya.

Kantong tersebut juga membawa berbagai macam bakteri enterik (sejenis salmonella) yang dapat menyebabkan keracunan makanan pada manusia.

Baca juga: Hati-hati, 7 Tempat Tak Terduga Ini Jadi Sarang Kuman

Namun, studi yang sama menemukan bahwa hanya 3 persen pembeli yang menggunakan tas reusable secara rutin mencucinya.

Untungnya, membersihkan tas belanja yang dapat digunakan kembali dan penelitian menunjukkan hal tersebut dapat mengurangi bakteri lebih dari 99,9 persen. Berikut beberapa cara untuk membersihkan tas belanja Anda:

Cara mencuci tas belanja

Cara terbaik untuk membersihkan tas belanja berbahan kain atau kanvas adalah dengan mesin cuci. Pertama, kocok tas untuk menghilangkan sisa-sisa makanan, kotoran, dan kotoran lainnya.

Untuk membantu mencegah tas melilit pakaian lainnya, masukkan bersama barang lain, seperti handuk atau seprai. Untuk membunuh bakteri, pastikan untuk menggunakan siklus air panas dan deterjen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com