Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Benda yang Paling Banyak Menyimpan Kuman di Rumah

Kompas.com - 18/12/2020, 15:16 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan seluruh ruangan di dalam rumah tidak menjamin rumah bisa terbebas dari kuman dan bakteri, karena ternyata ada beberapa bagian yang terdapat bakteri paling banyak.

Dilansir dari Good Housekeeping, Jumat (18/12/2020), berbagai tempat itu terdiri dari gagang pintu, microwave, hingga gorden kamar mandi.

1. Sakelar

Sakelar menjadi tempat yang menyimpan banyak bakteri, karena sering disentuh oleh banyak orang di dalam rumah, sehingga saklar harus selalu dibersihkan secara rutin.

 

Baca juga: 10 Benda di Rumah yang Bisa Jadi Sarang Bakteri dan Kuman

Namun, Anda harus berhati-hati agar cairan pembersihnya tidak meresap di belakang saklar dan menyebabkan kerusakan.

Gunakan lap desinfektan atau kapas yang dibasahi oleh alkohol 70 persen kemudian usap semua sisi sakelar dan pelat belakang,kemudian biarkan mengering.

2. Microwave

Jika Anda microwave, pegangan microwave dan touchpad termasuk di antara tempat-tempat yang paling menggandung kuman.

Menurut sebuah penelitian, 48 persen gagang pintu microwave mengandung cukup banyak bakteri untuk dianggap berisiko tinggi menularkan penyakit.

Baca juga: Bisa Jadi Sarang Kuman, Begini Cara Membersihkan Bantal

Untuk membersihkannya, pertama-tama seka minyak atau kotoran dari gagang dan panel sentuh dengan air sabun, lalu bilas dan keringkan.

Untuk membasmi bakteri dan kuman virus, gunakan semprotan disinfektan, lalu bersihkan setelah waktu yang tertera pada petunjuk kemasan.

3. Area Tempat Tidur

Faktanya di atas kasur ada 1,5 juta tungau debu yang menempel dan akan terus meningkat pada tiap tiga tahunnya karena akumulasi dari tungau debu dan sel kulit mati. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk mencuci sprei setiap satu minggu sekali.

4. Tirai Kamar Mandi

Meskipun barang-barang tertentu di kamar mandi, seperti toilet cenderung dibersihkan secara teratur, ada beberapa barang yang mungkin terlewatkan salah satunya tirai kamar mandi.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com