Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Baby Oil Dapat Bikin Peralatan Dapur Berkilau?

Kompas.com - 09/03/2021, 07:17 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Real Homes

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki dapur yang bersih dan berkilau merupakan idaman para pemilknya. Namun, keadaan tersebut tidak akan bertahan lama karena di aera dapur memiliki aktivitas yang banyak, sehingga akan banyak kotoran yang menempel di berbagai permukaan dan perlengkapan dapur. 

Dilansir dari Real Home, Selasa (9/3/2021), beberapa orang menyarankan penggunaan baby oil untuk membersihkan berbagai peralatan dan perlengkapan di dapur agar mendapatkan hasil akhir yang berkilau, namun bagaimana menurut para ahli?

Baby oil yang digunakan pada kain lembut dan kering akan secara efektif menghilangkan goresan dari permukaan yang mengilap seperti baja tahan karat atau enamel tetapi tidak akan benar-benar membersihkan permukaan.

Baca juga: 6 Bahan di Dapur yang Bermanfaat untuk Tanaman, Apa Saja?

Baqir Khan, pemilik Proactive Cleaners, mengatakan minyak seperti minyak zaitun, minyak mineral, dan baby oil tidak akan membersihkan permukaan, sehingga Anda tetap perlu menggunakan pembersih permukaan lain untuk menghilangkan kotoran.

Pembersih permukaan biasa atau cairan pembersih dan air hangat pada kain multifibre akan menghilangkan kuman sebelum Anda mulai memoles.

Membuat berkilau dan menarik debu

Baby oil akan sangat membantu menjaga peralatan tetap terlihat berkilau, baik itu wastafel, lemari es, mesin pencuci piring, oven, atau bahkan microwave.

Namun, tidak disarankan untuk menggunakannya secara rutin, karena akan berdampak buruk pada kemudian hari.

Baca juga: Jauhkan Hama dari Dapur dengan 5 Hal Ini

Meskipun permukaan mungkin terlihat bersih dan berkilau setelah digunakan, permukaan akan menarik debu yang dapat menyebabkan perubahan warna.

Sebagai gantinya, direkomendasikan penggunaan cat multi-permukaan dengan kain serat mikro untuk menghilangkan goresan yang tidak enak dipandang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com