Kompas.com - 07/03/2021, 19:19 WIB
Ilustrasi baking soda EKramarIlustrasi baking soda

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman hias bukan cuma dengan menggunakan pupuk yang dibeli di toko. Ternyata, beberapa bahan di dapur dapur yang ada di rumah pun bermanfaat bagi kesehatan tanaman hias kesayangan Anda.

Misalnya saja, baking soda, cuka, dan minyak zaitun mampu mendorong pertumbuhan tanaman, mencegah serangan hama, dan mempercantik tampilan tanaman hias.

Nah, apa saja manfaat bumbu dapur untuk tanaman hias Anda? Dilansir dari Taste of Home, Minggu (7/3/2021), berikut uraiannya.

Baca juga: Kenali 5 Tanda Tanaman Terlalu Sering Disiram

1. Baking soda bisa membuat bunga mekar

Baking soda atau soda kue bukan cuma bermanfaat sebagai bumbu dapur dan pembersih serbaguna, namun Anda bisa menaburkannya di permukaan tanah untuk membuat bunga geranium, coneflowers, day lily, dan clematis Anda mekar seperti orang gila.

Sebab, soda kue bersifat basa, dan bunga tumbuh subur di tanah yang basa.

2. Membersihkan lumut dengan cuka

Yang Anda butuhkan untuk menyingkirkan lumut yang tidak diinginkan di teras atau halaman rumah adalah menyemprotnya dengan cuka putih suling berkekuatan penuh.

3. Bikin tomat lebih manis dengan baking soda

Tanah yang lebih basa membuat tomat lebih manis. Untuk menanam tomat yang lebih manis, cukup taburkan soda kue di permukaan tanah di kebun tomat Anda di rumah.

Baca juga: Gunakan Semprotan Baking Soda untuk Atasi Jamur pada Tanaman

4. Mencegah jamur dengan baking soda

Meskipun baking soda tidak membunuh jamur, Anda dapat menggunakannya untuk mencegah jamur karena alkalinitasnya menciptakan lingkungan yang tidak mendukung pertumbuhan jamur.

Cukup aduk satu sendok teh baking soda ke dalam satu liter air dan semprotkan daun tanaman yang rawan jamur.

5. Cuka bisa mengubah bunga hydrangea pink menjadi biru

Tidak seperti baking soda, cuka putih suling bersifat asam, dan tanah asam adalah rahasia untuk mengubah warna pink hydrangea Anda menjadi biru.

Cuka juga meningkatkan kualitas tanah tanaman yang menyukai asam seperti azalea, rhododendron, dan gardenia. Gunakan secangkir cuka suling putih ke dalam satu galon air keran.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X