Kompas.com - 08/03/2021, 17:41 WIB
Ilustrasi kutu putih pada tanaman. SHUTTERSTOCK/VIKTORIALVANETSIlustrasi kutu putih pada tanaman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika kamu mengoleksi dan merawat sebuah tanaman apapun, biasanya akan ada tantangan untuk membuatnya tumbuh dengan baik dan terhindar dari kerusakan, salah satunya serangan hama.

Dan salah satu hama yang biasa menyerang tanaman adalah kutu putih, yang mana hama satu ini sulit dihilangkan karena tubuhnya licin dan seperti berminyak.

Ketika kamu mencoba membasmi hama kutu putih menggunakan pestisida maupun insektisida yang disemprotkan, hal tersebut tidak efektif dan terkadang malah bisa membuat kutu putih semakin menjadi-jadi untuk menyerang, sehingga tanaman menjadi rusak dan mati.

Baca juga: Mengenal Kutu Putih pada Tanaman dan Cara Menanganinya

Penyemprotan pestisida atau insektisida pada tanaman yang dihinggapi kutu putih juga bisa membuat telur kutu putih jadi semakin banyak.

Lantas bagaimana cara untuk membasmi hama kutu putih yang menyerang daun tanaman?

Dilihat dari kanal Youtube Tanaman Rumah, Senin (8/3/2021), hama kutih pada tanaman bisa dibasmi hanya menggunakan sabun cair seperti sabun pencuci piring maupun sabun sisa cucian pakaian.

Penggunaan sabun cair, baik itu dari sabun pencuci piring maupun sabun sisa cucian pakaian mampu meluluhkan tubuh kutu putih yang licin dan berminyak, hingga pada akhirnya membuat kutu putih mati.

Baca juga: Simak, Cara Alami Membasmi Kutu Putih pada Tanaman

Jika kamu tertarik untuk melakukannya, terdapat dua cara untuk membasmi hama kutu putih pada tanaman, yakni disemprot dan dicuci menggunakan cairan dari sabun cair tersebut. Berikut tata cara dari kedua cara pembasmian kutu putih tersebut.

1. Cara disemprot

Cara pembuatan dan pengaplikasian

- Sediakan 2 liter air dan masukkan ke dalam botol semprot.

- Isi air yang ada di botol semprot dengan 3 atau lebih tetesan sabun cairnya, kocok hingga larut dan usahakan sampai berbusa.

- Semprotkan air sabun di botol semprot secara merata pada bagian atas daun dan belakang daun, di mana hama kutu putih berada.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X