Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/02/2021, 13:17 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengeringkan pakaian dengan cara menggantungkannya di tali tambang, terkadang membuat pakaian tersebut akan kaku dan terlalu kering. Meskipun mengeringkan pakaian dengan cara ini lebih simpel dan mudah, namun membuat pakaian tidak lembut dan lebih kaku.

Dilansir dari The Spruce, Jumat (19/2/21) ada beberapa trik agar pakaian yang digantung dengan cara seperti ini tetap lembut dan tidak kaku.

Gunakan Cuka Putih di Mesin Cuci

Tambahkan setengah cangkir cuka putih ke siklus bilas terakhir di mesin cuci Anda untuk membantu melarutkan deterjen.

 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Tinta dari Pakaian dan Bahan Kulit

Ini adalah pelembut kain alami dan tidak akan menambahkan wewangian buatan yang terdapat pada pelembut kain komersial. Bau cuka akan hilang saat pakaian mengering, jadi tidak perlu khawatir akan berbau seperti salad.

Gunakan Lebih Sedikit Deterjen

Sisa deterjen yang tertinggal di cucian Anda yang menyebabkan pakaian menjadi lebih kaku saat Anda mengeringkannya dengan cara digantung. Kurangi jumlah deterjen yang Anda gunakan di mesin cuci.

Gunakan Pengering Pakaian Sebelum Digantung atau Dijemur

Bilas pakaian Anda di pengering selama 10 menit, sebelum meletakkannya di telepon. Anda tidak akan menggunakan banyak energi jika menjalankannya di Air Dry, Fluff, atau Low.

Gerakan berguling dan aliran udara akan membantu mengembang serat dan ini dapat mengurangi kekakuan saat mengering di di tali.

Baca juga: Musim Hujan Bikin Baju Susah Kering? Coba Lakukan Ini

Peras

Peras pakaian Anda sebelum menggantungnya. Cara ini mirip dengan memasukkannya ke dalam pengering, meskipun mungkin kurang efektif. 

Akan tetapi, hal ini bisa membuat pakaian lebih kering sebelum dijemur.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com