Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah Cepat Membersihkan Rumah Saat Tidak Ada ART

Kompas.com - 19/02/2021, 07:21 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Boldsky

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, tidak sedikit penghuni rumah cukup menggantungkan segala macam pekerjaan rumah tangganya untuk dikerjakan oleh asisten rumah tangga alias ART.

ART sendiri seolah menjadi 'penyelamat' bagi orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi, yang tidak ada waktu untuk mengurus segala macam pekerjaan di rumah, mulai dari menyapu, mengepel, mencuci, pakaian dan lain-lain.

Namun, ketika ART yang biasa mengurus segala pekerjaan rumah tanggamu tidak bisa bekerja sementara waktu karena suatu hal, tentu kamu akan merasa kelabakan, terlebih ART mu absen selama beberapa hari ke depan.

Baca juga: 10 Tips Membersihkan Rumah dalam Sehari

Jika hal seperti ini terjadi kepadamu, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk bisa melakukan apa yang harus dilakukan.

Dilansir dari Boldsky, Jumat (19/2/2021), berikut ini langkah pembersihan cepat yang perlu kamu lakukan sebagai taktik bertahan hidup saat ART tidak bisa bekerja sementara waktu.

1. Mengepel

Daripada menyapu lantai dan kemudian mengepel lagi, kamu bisa menggunakan pel untuk membersihkan lantai. Ini memungkinkanmu membersihkan lantai dengan posisi tegak.

2. Cuci peralatan yang kamu butuhkan

Kamu tentu memiliki peralatan makan ekstra di rumahmu, tapi berapa banyak dari kamu yang memiliki panci dan wajan ekstra?

Baca juga: 5 Cara Menggunakan Cuka untuk Membersihkan Rumah

Jadi cuci peralatan yang akan kamu butuhkan segera keesokan harinya. Kamu bisa menyisihkan piring kotor untuk dikerjakan kepada ART jika keesokan harinya ia masuk.

3. Lewati cucian

Pada hari ART tidak bekerja, lewati cucian. Kamu memiliki pakaian untuk dikenakan ke kantor keesokan harinya dan kamu pasti dapat melakukan cucian ekstra di akhir pekan.

4. Bersihkan debu

Debu lepas yang mengendap di rak kaca dan permukaan furnitur sangat tidak sehat. Usahakan untuk melakukan pembersihan debu setiap hari agar rumahmu tidak menjadi gudang penimbunan debu.

5. Membersihkan dapur adalah prioritas

Kamu dapat meninggalkan kamar tidurmu dalam keadaan berantakan tetapi membersihkan dapurmu adalah persyaratan yang higienis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com