Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/02/2021, 20:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Tempat tidur merupakan area yang harus dibuat senyaman mungkin, agar seseorang dapat menjalankan aktivitas dengan baik di keesokan harinya.

Hal ini tentunya terkait dengan pemakaian seprai. Ketika kasur dipasang seprai yang nyaman, akan membuat seseorang nyaman saat beristirahat.

Sebaliknya, jika seprai yang dipakai tidak bersih, akan menyebabkan tidur atau istirahat yang tidak berkualitas.

Baca juga: Seberapa Sering Sebaiknya Seprai Dicuci?

Dilansir dari The Spruce, Kamis (18/2/2021), beberapa seprai baru memiliki residu kimia dari proses pembuatan dan dapat menyebabkan rasa kaku sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman saat dipakai.

Namun, ada beberapa cara alami untuk melembutkan seprai sehingga dapat menciptakan tidur yang nyaman dan berkualitas.

Baking Soda dan Cuka

Ada dua bahan sederhana yang dapat mengubah seprai menjadi alas tidur yang lembut seperti sutra, yaitu soda kue dan cuka.

Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan seprai itu ke dalam mesin cuci dengan satu cangkir soda kue dan setengah cangkir cuka, kemudian cuci selama satu siklus. Pastikan untuk tidak menggunakan deterjen biasa Anda kali ini, karena cenderung mengunci bahan kimia ke dalam seprai.

Baca juga: 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Seprai

Untuk hasil yang lebih baik, Anda dapat mencoba menyalakan mesin cuci dengan air panas dan kemudian beralih ke dingin saat memasuki siklus bilas. Anda mungkin juga ingin menahan cuka dan menambahkannya selama siklus pembilasan untuk mencegah pembentukan karbondioksida.

Jika Anda mencuci satu set seprai yang lebih besar (queen atau lebih besar), cuci seprai bawah serta seprai atas secara terpisah untuk memastikan ada cukup ruang di mesin cuci Anda.

Jika terjepit, ini tidak hanya dapat menyebabkan masalah bagi mesin Anda, tetapi proses pelunakan mungkin tidak begitu efektif.

Hindari Pengering

Menggunakan proses ini mungkin agak lama, namun dengan menjemur langsung seprai yang baru dicuci akan membuat seprai lebih lembut. Menghindari panas yang berlebihan dari pengering pasti bisa membantu membuat seprai lebih lembut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com