Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Noda Darah pada Pakaian dan Seprai

Kompas.com - 12/01/2021, 16:23 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seringkali saat datang bulan atau tiba-tiba anggota tubuh kita terluka, noda darah mengotori pakaian, seprai, maupun kasur. Darah terkenal sulit dihilangkan dari pakaian dan seprai, serta biasanya meninggalkan noda permanen.

Hemoglobin dalam darah menyebabkannya menggumpal saat terkena udara. Meskipun bagus untuk menyembuhkan luka dan mencegah kehilangan darah, protein inilah yang menyebabkan noda darah sangat sulit dihilangkan.

Ketika darah tumpah, hemoglobin mengikatnya ke permukaan. Namun, ada cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan noda darah pada pakaian dan seprai.

Baca juga: 5 Manfaat Gula, Bersihkan Noda pada Pakaian hingga Hilangkan Bau

Dilansir dari Express, Selasa (12/1/2021), peralatan yang Anda butuhkan antara lain sikat gigi bekas, mangkuk, sendok, dan air dingin. Penggunaan air panas untuk membersihkan noda darah sangat tidak dianjurkan, sebab akan mendorong protein untuk lebih menempel pada noda pada kain.

Selain itu, yang harus diingat adalah noda darah harus segera dibersihkan setelah Anda menemukannya.

"Secepat mungkin, bilas kain di bawah keran air dingin yang mengalir. Darah harus mudah larut dan sisa noda dapat dihilangkan dengan sedikit sabun tangan atau dengan sabun cair di mesin cuci Anda," kata tim ahli di merek produk kebersihan wanita Intima.

Para ahli juga mengatakan, percikan noda darah mudah dihilangkan dengan sedikit hidrogen peroksida atau jus lemon. Namun, ini akan lebih sulit dilakukan jika kain yang terkena noda adalah kain berwarna putih.

Baca juga: Cara Mudah Hilangkan Noda Minyak pada Pakaian

Yang perlu Anda lakukan adalah merendam kain di bak air dingin selama setengah jam. Tambahkan beberapa semprotan hidrogen peroksida atau jus dari satu buah lemon.

Biarkan selama 30 menit lagi, lalu peras kain Anda dan masukkan ke dalam mesin dengan air dingin. Jika noda darah semakin tua dan mengering, Anda masih bisa menghilangkannya.

Caranya adalah dengan menggunakan produk pelunak daging. Sebab, pelunak daging memecah serat dalam darah dan banyak tersedia di toko makanan.

Namun, jika Anda tidak bisa mendapatkan pelunak daging, sedikit cuka akan membantu. Cuka mengandung asam asetat, dan ini akan bekerja dengan cara melembutkan serat darah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com