Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Noda Tinta dari Pakaian dan Bahan Kulit

Kompas.com - 15/02/2021, 12:17 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com — Noda tinta dari spidol permanen, bolpoin, dan spidol yang mudah hilang saat dicuci, yang ternyata tidak begitu bisa dicuci seringkali dapat dihilangkan dengan alkohol gosok.

Perawatan awal yang sama juga berlaku pada pakaian yang bisa dicuci, kulit halus, dan kulit imitasi. Padahal, seharusnya model perawatan ini tidak digunakan pada suede.

Jika kamu terkena noda tinta pada suede atau jenis kulit lain yang tidak mulus, bawalah pakaian tersebut ke layanan pembersih kering khusus suede.

Baca juga: 11 Trik Hilangkan Permen Karet dari Pakaian

Dilansir dari The Spruce, Senin (15/2/2021), untuk jeans, kemeja, dan pakaian lain yang dapat dicuci, kamu dapat menindaklanjuti pembersihan alkohol dengan merendam pakaian dalam pemutih yang tahan warna sebelum dicuci, kemudian mengeringkan pakaian tersebut.

Untuk hasil terbaik, coba hapus tinta saat masih basah, atau sesegera mungkin. Noda tinta baru lebih mudah dihilangkan dan biasanya mudah hilang, sedangkan noda lama mungkin memerlukan perawatan berulang.

Kulit keropos dan noda bisa menembus jauh ke dalam kulit.

Jika item kulit terkena noda parah dengan tinta permanen, pertimbangkan untuk mengecat item dengan warna yang lebih gelap agar sesuai dengan noda. Tinta permanen seringkali tidak dapat dihilangkan dari kulit tanpa merusak serat. Pembersih profesional atau bengkel sepatu bisa mewarnai kulit.

Baca juga: Kenapa Lemari Pakaian Berjamur? Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya

Untuk kamu yang ingin mencoba menghilangkan noda tinta pada pakaian dan bahan kulit, siapkan beberapa peralatan berikut:

  • Ember atau bak rendam (hanya untuk item yang bisa dicuci)
  • Bahan yang ingin diberishkan
  • Spiritus
  • Kapas
  • Pemutih berbahan dasar oksigen (hanya untuk barang yang bisa dicuci)

Cara membersihkan

Basahi kapas atau kain katun putih dengan alkohol (alkohol isopropil). Jangan menggunakan kain berwarna karena dapat mentransfer pewarna ke bahan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com