Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/02/2021, 15:29 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Permen karet yang menempel seringkali membuat kita kesal. Pasalnya, bekas permen karet yang lengket sangat sulit dihilangkan.

Namun sebenarnya, beberapa barang di dapur bisa kamu gunakan untuk menghilangkan permen karet dari serat kain.

Ini bisa bermanfaat saat kamu berada di luar kota dan tidak sengaja menduduki bekas permen karet, sementara baju yang kamu bawa sangat terbatas.

Baca juga: Ketahui, Cara Mencuci Gorden dengan Baik dan Benar

Untuk itu, simak 10 trik menghilangkan permen karet dari pakaian seperti dilansir dari Better Homes and Gardens, Minggu (14/2/2021).

1. Bersihkan permen karet dengan lebih banyak permen karet

Tip untuk menghilangkan permen karet berikut ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi. Kamu bisa mencoba menggunakan permen karet untuk membersihkan kotoran yang lengket.

Gunakan gumpalan permen karet lain atau selotip untuk melepaskan permen karet yang menempel.

Oleskan permen karet atau selotip langsung ke permen karet yang menempel agar tidak menambahkan lebih banyak bagian permen karet yang lengket ke area kain yang berdekatan. Tarik perlahan dari kain.

Baca juga: 10 Tips Mencuci Pakaian Saat Musim Hujan

2. Es batu

Letakkan es batu atau ice gel di atas permen karet selama sekitar 20 menit. Ini akan membekukan dan mengeraskan permen karet sehingga kamu bisa mengelupas permen karet dengan sesuatu yang tipis namun kokoh seperti kartu, pisau tumpul, atau pengikis cat.

Produsen produk pembersih Clorox menyarankan untuk menghilangkan permen karet yang tertinggal di serat kain dengan pelarut pembersih kering sebelum menangani noda yang tersisa.

3. Membekukan permen karet dari pakaian

Masukkan pakaian bertabur permen karet (dengan permen karet menghadap ke atas) ke dalam freezer selama sekitar satu jam. Setelah permen karet mengeras, kikis seperti di atas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com