Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/02/2021, 21:08 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam kegiatan membersihkan rumah, ini merupakan sebuah hal yang sulit bisa seseorang kerjakan dengan sempurna, karena tidak seluruh bagian dalam rumah bisa dibersihkan menyeluruh.

Biasanya fokus utama pembersihan dalam rumah adalah membersihkan lantai yang kotor, debu-debu yang menempel di berbagai permukaan furnitur maupun dinding, menyingkirkan kekacauan yang membuat isi rumah terlihat berantakan dan beberapa hal lainnya.

Oleh karena itu, tak jarang ada beberapa tempat di dalam rumah yang lupa untuk dibersihkan dalam pembersihan rutin.

Baca juga: 10 Tips Membersihkan Rumah dalam Sehari

Dilansir beberapa sumber, Selasa (16/2/2021), pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa tempat di dalam rumah yang sering luput untuk dibersihkan penghuni rumah, berikut di antaranya.

1. Area bawah tempat tidur atau sofa

Saat menyapu dan mengepel lantai kamar tidur atau ruang tamu, banyak orang cenderung melewatkan membersihkan bagian bawah tempat tidur atau sofa.

Apakah kelupaanmu untuk membersihkan kolong tempat tidur maupun sofa adalah karena gagasan kotoran tidak terlihat atau malas untuk menjangkaunya?

Padahal jika tidak pernah dibersihkan, dua tempat itu pasti terdapat tumpukan debu dan kotoran sekaligus jadi tempat penyusupan kecoak, tungau, dan beberapa hewan lainnya.

Baca juga: 5 Cara Menggunakan Cuka untuk Membersihkan Rumah

2. Kusen pintu dan kenop pintu

Kenop pintu dan kusen pintu sering kali diabaikan sebagai tempat yang disentuh oleh semua anggota keluarga berkali-kali dalam sehari, tapi tidak sedikit orang lupa atau abai untuk membersihkannya.

Meskipun mungkin tidak tampak kotor, tempat ini merupakan tempat berkumpulnya kuman dan bakteri. Lain kali ketika kamu melakukan kegiatan bersih-bersih rumah, mulailah dengan membersihkan kenop pintu dan pintu.

3. Sakelar lampu atau pelat sakelar lampu

Mirip dengan gagang pintu dan pintu, sakelar lampu juga perlu dibersihkan, tapi masih ada yang tidak memasukkannya ke daftar tugas pembersihan.

Setelah kamu membersihkan pintu dan gagang pintu, prioritaskan sakelar lampu untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menumpuk.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com